|

JCH Halbar Ikuti Bimbingan Manasik



HALBAR, BRN - Sebanyak 68 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) musim haji 1440 hijriyah mengikuti bimbingan manasik mandiri.  

Serimoni bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan wawasan terkait dengan manasik haji bagi calon jama’ah haji (JCH) agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan benar dan mandiri serta sempurna itu dengan tema “Menuju haji yang mabrur”. Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Halbar, Dr. H. Idris.

Idris mengatakan, kegiatan bimbingan manasik merupakan pelatihan atau bimbingan dari semua rukun-rukun haji. Untuk itu diminta keseriusan dari para JCH dalam mengikutinya. “ Dan diharapkan kepada para JCH agar lebih menjaga kesehatan (Isthitoah), karena itu merupakan salah satu penentu keberangkatan bagi JCH,” ungkapnya.


Mantan Kepala Kemenag Halteng ini berharap semua JCH khususnya Kabupaten Halbar agar menghilangkan egonya dan membangun kelompok antar sesama jamaah, sehingga saat keberangkatan dan kembali bisa selamat dan menjadi haji yang mabrur.

Sementara Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Fahria Usman menuturkan, dalam setiap pelaksanaan haji, para JCH harus mempersiapkan hal-hal teknis dan persiapan yang baik. Diantaranya pembuatan paspor JCH, melunasi Biaya Penyelenggara Ibadah haji (BPIH).

Kegiatan tersebut sekaligus pemeriksaan kesehatan tahap I para JCH. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi bimbingan manasik haji mengenai kasi penyelenggara syariah oleh Drs. H. M. Taher Mustafa. (Yadi/red)
Komentar

Berita Terkini