|

DPMPTSP Diduga Keluarkan IMB Tidak Sesuai Prosedur


Kasat Reskrim Halsel: Kami Sudah Kantongi Sejumlah Bukti

Mapolres Halmahera Selatan
LABUHA, BRN - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) diduga mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tidak  sesuai persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. Ini terungkap pada sejumlah bagunan yang belum mengantongi rekomendasi lingkungan namun DPMPTSP sudah memberikan IMB.

Dugaan ini diungkapkan Kasat Reskrim Polres Halsel AKP. Gede Atmaja baru-baru ini. AKP Gede mengatakan, pihaknya sudah mengatongi sejumlah bukti bangunan yang wajib membuat dokumen lingkungan berupa Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL).

Rekomendasi lingkungan ini, kata AKP Gede, dapat di proses di Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH)  Halsel. Namun sejumlah bagunan yang sementara proses pekerjaan itu tampak mengabaikan dokumen UKL-UPL. “ Ada klarifikasi bangunan yang harus memiliki dokumen lingkungan, dan itu wajib diurus,” kata Kasat.

Sejumlah bangunan yang dibangun ini lanjutnya, sudah mendapat IMB dari DPMPTSP Halsel. Padahal seharusnya dinas terkait belum bisa mengeluarkan IMB sebelum adanya rekomendasi lingkungan. “ IMB di berikan kalau sudah ada rekomendasi lingkungan. Ini menjadi catatan penting kami terutama Polres Halsel untuk melidik sejumlah bangunan yang mengantongi IMB tanpa ada rekomendasi lingkungan dari instansi terkait,” ucapnya sembari menegaskan, pihaknya akan memanggil pemilik bangunan dan DPMPTSP Halsel, karena selaku instansi terkait yang mengeluarkan IMB.

Sementara pihak DPMPTSP Halsel belum dapat dikonfirmasi hingga berita ini publis. (saf)
Komentar

Berita Terkini