|

Dipastikan Tahun 2020 Puskesmas Di Halut Semuanya Terakreditasi

Kepala Dinas Kesehatan Halut, Muhammad Tapi-Tapi


HALUT,BRN – Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menargetkan tahun 2020 semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Halut sudah menyandang predikat akreditasi dasar." Untuk 19 Puskesmas di Halut, kami targetkan di tahun 2020 nanti, semuanya sudah terakreditasi", ucap Kepala Dinas Kesehatan Halut, Muhammad kepada media ini, di ruang kerjanya (Senin 3/12/2018).

Muhammad mengatakan, sebelumnya di tahun 2017 hingga 2018 ini, terhitung 6 Puskesmas yang sudah menyandang predikat akreditasi dasar yakni, tahun 2017 Puskesmas Tobelo, dan Puskesmas Kupa-Kupa Kecamatan Tobelo Selatan. Menyusul di tahun 2018 ada 4 Puskesmas yakni, Puskesmas Pitu Kecamatan Tobelo Tengah, Puskesmas Gorua kecamatan Tobelo Utara, Puskesmas Galela, Puskesmas Mawea Kecamatan Tobelo Timur, dan Puskesmas Kusuri Kecamatan Tobelo Barat.

Kata Muhammad, untuk dapat mewujudkan kemajuan dalam kesempurnaan pelayanan, serta kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, predikat akreditasi dasar bagi semua Puskesmas, sangatlah penting.

Lanjut dia, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 74 tahun 2014 tentang Puskesmas itu jelas bahwa Puskesmas perlu ditata ulang untuk meningkatkan aksesibilitasi, keterjangkauan, dan kualitas pelayanan untuk meningkatkan derajat masyarakat serta mensukseskan program jaminan sosial nasional. Dalam penyempurnaan Permenkes ini, semua Puskesmas wajib menyandang predikat akrediatasi dasar.

 " Dalam akreditasi ada empat tingkatan yakni, akreditasi dasar, Madya, Nasional dan Internasional. Untuk Halut di tahun 2020, diupayakan semua puskesmas sudah terakreditasi, setidaknya akreditasi dasar", cakapnya.

Untuk menuju akreditasi dasar, semua Puskesmas di Halut rata-rata sudah memenuhi persyaratan. " Semua Puskesmas di Halut, sudah melengkapi persyaratan baik itu sarana alat kesehatan (Alkes), gedung, ruangan pelayanan kesehatan dan laboraturium, maupun tenaga medis serta tenaga administrasi ", tuturnya.

Masing-masing kepala Puskesmas yang belum terkareditasi, untuk segera mempersiapkan sarana maupun prasarana serta melakukan study banding ke puskesmas yang sudah akreditasi. Sehingga dapat menyandang predikat akreditasi dasar (arthr/red)

Komentar

Berita Terkini