|

Diduga Ada Penyalahgunaan DD, Polres Halsel Bakal Lidik Plt. Kades Gunange

AKP. Gede Agus Putra Atmaja SH SIK

LABUHA, BRN - Reskrim Polres Halmahera Selatan (Halsel) bakal melakukan penyilidikan dugaan penyalahgunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di Desa Gunange, Kecamatan Kayoa, Halsel tahun 2016 hingga 2018.

Ihkwal ini disampaikan Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Halsel, AKP. Gede Agus Putra Atmaja SH SIK. Kepada Brindonews.com, AKP. Gede Agus mengatakan, langkah itu dilakukan guna memastikan dugaan penyalahgunaan ADD dan DD di Desa Gunange Kecamatan Kayoa yang dilakukan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Gunange Farid A. Samud.

“ Untuk memastikan adanya penyalahgunaan ADD dan DD, pihaknya akan memintai keterangan kepada sejumlah pihak terkait,” kata Kasat Reskrim.

Ia menjelaskan, dugaan penyalahgunaan ADD dan DD di Desa Gunange Kecamatan Kayoa itu karena sejumlah kegiatan pembangunan seperti pembangunan kantor desa di tahun 2016, pembangunan talud penahan ombak tahun 2017, dan pengadaan 30 unit katinting ditahun 2018 tidak sesuai dengan anggaran.

Sejumlah kegiatan fisik tersebut memakan anggaran total hampir mencapai Rp 1 miliar. “ Dari jumlah kegiatan tersebut,  anggarannya cukup fantastis,” kata AKP Gede.

Sejumlah kegiatan yang diduga kuat belum selesai di bangun atau pengadaan katinting yang baru sebagian realisasinya itu juga di akui Wakil Bupati Halsel Iswan Hasyim. Hal itu di temukan saat orang nomor dua di lingkup Pemkab Halsel itu melakukan monitoring beberapa waktu lalu. Hasil monitoring tersebut tersebut diduga kuat terjadi penyalahgunaan pengelolaan ADD dan DD selama 3 tahun berturut-turut. (saf/red)
Komentar

Berita Terkini