|

Apdesi Desak BPKD Halbar Cairkan Anggaran Operasional Pemdes

Rustam Fabanyo
HALBAR, BRN - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupeten Halmahera Barat (Halbar) mendesak Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Halbar secepatnya mencairkan anggaran operasional Pemdes se-Halbar tahap IV tahun 2018.

Ketua Apdesi Halbar, Rustam Fabanyo mengatakan, molornya pencairan anggaran operasional Pemdes sangat menggangu jalannya roda pemerintahan di tingkat desa.

Lambatnya langkah antisipasi BPKD Halbar berpangaruh pada pelayanan terhadap masyarakat menjadi tidak maksimal.

“ Untuk itu kami (Apdesi) meminta BPKD agar segera mencairkan anggaran operasional Pemdes tahap IV tahun 2018 sebesar kurang lebih Rp 4.250 miliar  yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD),” ujar Rustam, Selasa (4/12).

Kades Gamlamo Kecamatan Jailolo itu mengaku, persoalan keterlambatan proses pencarian anggaran operasional Pemdes se-Halbar ini merupakan dilema pemerintah desa (Pemdes) dan selalu menjadi perdebatan setiap akhir tahun.

“ Jadi anggaran operasional Pemdes tahap IV tahun 2018 segera dicairkan paling lambat minggu kedua atau ketiga bulan Desember 2018 ”

“ Kalau permintaan kami tidak diindahkan, maka dalam waktu dekat kami (Pemdes) akan mendatangi kantor BPKD guna meminta secara langsung pembayaran tersebut,” kata Rustam.

Sebab, kata dia, anggaran operasional Pemdes tersebut tidak bisa dibawah hutang pada tahun berikutnya. Setiap pembayaran tidak bisa disangkut paut dengan beban pajak PBB, karena itu merupakan tugas dari keuangan untuk melakukan penagihan.

Selain ADD, Dana Desa (DD) tahap III tahun 2018 juga rencananya pihak KPPN akan melakukan pergeseran dari kas negara ke kas daerah (Kasda) pada Jumat 7 Desember 2018.

“ Untuk itu pihak Pemkab langsung melakukan pergeseran ke rekening Desa paling lambat, Senin 11 Desember 2018,” pintanya.

“ Mengingat di bulan Desember rentang dengan pekerjaan fisik, dan juga saudara - saudara dari Nasrani sudah fokus dengan proses ibadah. Jadi kepada seluruh Desa se-Halbar agar segera memasukkan pencarian tersebut “. (Yadi/red)
Komentar

Berita Terkini