|

22 Program Benny Laos di Nilai Berhasil

Foto Benny Laos bersama tim penilai inovasi daerah

MOROTAI, BRN - Meski masyarakat Morotai terus mendesak melengserkan Benny Laos sebagai bupati, orang nomor satu di Pemkab Morotai itu terus membangun daerah yang di pimpinnya.

Sejumlah program/inovasi Benny Laos mulai dinilai Tim Penilai Inovasi Daerah. Tim yang terdiri dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), KemenPAN-RB, dan unsur akademisi itu sedikit menilai 22 program/inovasi Benny Laos.

22 inovasi ini di paparkan Benny Laos di hadapan para penilai inovasi daerah dinilai berhasil. Highlight Inovasi atau Morotai Menyala yang didalamnya gratis pemasanagan listrik  kapasitas/daya 900 watt hampir mendekati target.

“ Inovasi yang dilakukan sejak 2017 itu sudah memasangi 1.907 rumah, di tahun 2018 sebanyak  8. 800 rumah dari target 13. 562 rumah yang ada di Kabupaten Morotai,” kata Peniliti Madya Badan Pusat Penelitian Departemen Dalam Negeri (Depdagri), Siti Amina , Kamis (6/12/2018).

Selain Highlight Inovasi, ada juga inovasi Morotai Mengalir. Inovasi ini Pemkab Morotai mengratiskan sambungan air ke rumah dalam bentuk sumur bor, pasangan meteran air. Saat ini sudah terpasang 7.443 intalasi/rumah dari target 13.562 rumah.

Ada juga inovasi Dapur Sehat. Inovasi yang bertujuan meningkatkan kebersihan, sanitasi, kesejahteraan kehidupan masyarakat Morotai sudah terealisasi 971 unit di tahun 2017 dengan pagu anggaran senilai Rp 32,4 Miliar. “ Sedangkan di tahun 2018 sebanyak 879 unit dengan pagu anggaran senilai Rp 19,1 miliar,” kata Siti Amina.

Menurutnya, Pemerintah Morotai dibawa kepimimpinan Bupati Beny Laos perlu di berikan apresiasi. Ada beberapa program infrastruktur yang saat ini sudah nampak dan sudah di nikmati masyarakat, pembangunan jalan tani di setiap desa dengan tujuan mempermudah masyarakat mengelolah kebun rakyat.

Kata dia, Pemkab Morotai berhasil memeberikan sebanyak 2. 925  Kartu Morotai Sejahtera KMS selama tahun 2018 dengan pagu anggaran yang disipakan senilai Rp 7.5 Miliar. “ Saya sangat mengapresiasi program dan inovasi Bupati Morotai, Benny Laos. Tentunya sangat baik dalam Pemenuhan Basic Need Masyarakat.

“ Terima kasih bapak Bupati Morotai, karena sudah memberikan yang terbaik untuk Morotai ,” kata Amina. (brn)
Komentar

Berita Terkini