|

15 Madrasah di Halbar Penuhi Syarat Akreditasi

Kasi Pendidikan Islam Kemenag Halbar, H. Ruslan Ilyas

HALBAR, BRN - Sekolah madrasah, baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupeten Halmahera Barat (Halbar) terus berbenah dari sisi standar pendidikan. Sebanyak 15 (lima belas) yang diusulkan Kementerian Agama (Kemenag) Halbar semuanya memenuhi syarat untuk di akreditasi.  

Kasi Pendidikan Islam Kemenag Halbar, H. Ruslan Ilyas ketika dikonfirmasi, Rabu (5/12) mengatakan, dari 15 madrasah di usulkan semuanya memenuhi syarat untuk di tingkatkan akreditasinya. Dia meyakini, ke-15 madrasah yang di usulkan tersebut peroleh nilai minimal B dari nilai sebelumnya yaitu C.

Dari 15 madrasah yang di usulkan kata dia, ada 3 Madrasah Ibtidaiyah Stanawiyah (MIS), 8 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 3 Madrasah Aliyah (MA). Yakni MIS Al-Hidayah Idamdehe, MIS Sidangoli, dan MIS Nurul Bahri. Sementara Mts yaitu MTs Alkhairat Sidangoli, Mts Alkhairat Pabos, MTs Muhammadiyah Pabos, dan MTs Nurur Hidayah Bobaneigo, Mts Alkhairat Ibu, Mts At-Tarbiyah Bobanehena, Mts Babingkas Toniku, dan Mts Nurul Haq Bukubulawa.

“ Sedangkan untuk tingak MA yaitu MA Al-Mudzaakarah Toniku, MA An-Nur Susupu dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Halbar,” katanya. 

“ Pengusulan 15 madrasah tersebut berdasarkan hasil rapat pleno Badan Akreditasi Negeri Sekolah/Madrasah Provinsi Maluku Utara (BANSM) dengan nomor: 119/BAN-SM/ KPTS/XI/2018 tertanggal 11 November 2018 yang ditandatangani Ketua BAN-SM Malut, Dr. Mardia Hi Rahman “.  

Dari 15 madrasah, lanjutnya, 5 diantaranya dianggarkan melalui dana Non-APBN BAN-SM atau dana APBN Kemenag, sementara 10 madrasah lainnya menggunakan APBN BAN.

“ Dengan demikian jumlah total madrasah yang sudah terakreditasi sebanyak 27 dari total 28 madrasah yakni MAS Pabos. Di tahun 2019 nanti MAS Pabos akan diusulkan untuk di akreditasi,” terangnya. (Yadi/red)
Komentar

Berita Terkini