|

YBTS Sukses Dorong Ekonomi Petani

Koordinator YBTS Halut, Rika Bhernike

HALUT, BRN - Hasil pangan khususnya hortikultura di Halmahera Utara yang dihasilkan para petani akhir-akhir ini mulai menjamur di masyarakat setempat. Bahkan, sebagian besar petani tahunan seperti kelapa mulai mengalih profesi petani bulanan seperti bawang, cabai, tomat (Barito), sayur-mayur dan buah-bauhan.

Keberhasilan para petani di beberapa kecamatan di Halut ini tak lepas dari pendampingan yang dilakukan Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS) dan keseriusan para petani sendiri. Salah satunya kelompok tani Mimiriwo di Desa Birinoa Dalam, Kecamatan Tobelo Barat.

Koordinator YBTS Rika Bhernike menuturkan, kehadiran YBTS di Halmahera Utara tidak hanya mendampingi dan melatih kepada petani saja, tetapi membantu mendorong para petani terutama mendorong dan meningkat kesejahteraan petani khusunya di bidang hortikultura.

“ Panen perdana dilakukan tadi adalah keberhasilan mendampingi, melatih dan mendorong para petani,” katanya.

Selain kelompok tani Mimiriwo, keberhasilan juga dirasakan salah satu kelompok tani asal Desa Soakonora Kecamatan Galela Selatan, Yani Hano. Yani mengaku keberhasilan kelompoknya bercocok tanam tidak semata-mata terlepas dari pendampingan pemerintah daerah dan Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS).

“ Kami  sangat bersyukur dan berterima kasih. Berkat perhatian dari Pemda Halut serta pendampingan YBTS yang selalu memberikan motivasi dan pengetahuan kepada kami dalam bercocok tanam, sehingga hasilnya jelas kami rasakan,” kata Yani usai kelompoknya memanen perdanan cabai di Desa Birinoa Dalam Kecamatan Tobelo Barat, Rabu (14/11).

Berharap agar para petani lainnya tidak selalu bergantung pada tanaman tahunan. Tetapi juga memanfaatkan sebagian lahan yang ada untuk menanam tanaman bulanan seperti barito dan tanaman bulanan lainnya sehingga hasilnya dapat dirasakan setiap saat.

“ Saya berharap agar petani tidak menyia-nyiakan waktu yang hanya bergantung pada tanaman tahunan. Mari kita bentuk kelompok tani, dan kita manfaatkan sebagian lahan kita pada tanaman bulanan. Jangan kuatir ada Pemerintah daerah dan Yayasan Bina Tani Sejahtera yang selalu siap mendampingi dan mengajarkan kita cara bercocok tanam yang baik,” ajak Yani. (Arthur/red).
Komentar

Berita Terkini