|

Loud Ball Inovasi Mudahkan Tunanetra Berolahraga



    Sebuah inovasi baru datang dari dosen Universitas Singa Perbangsa Karawang dengan menciptakan Loud Ball yaitu sebuah alat bantu dalam berolahraga menggunakan bola bagi tunanetra. Alat ini bias membantu penyandang tunanetra untuk mengetahui posisi atau letak bola meski bola dalam keadaan diam melalui alat elektronik yang ditanam didalam bola sehingga bola dapat mengeluarkan suara secara terus-menerus. Bermula dari kunjungan kesekolah khusus tunanetra, beberapa siswa penyandang netra sedang melakukan aktivitas bermain bola dengan gurunya, bola yang digunakan memang sudah menggunakan suara lonceng  yang ditanam didalam bola. Namun, ketika bola dalam posisi diam, siswa tunanerta kesulitan untuk mengetahui letak bola, sehingga aktivitas bermain mereka harus terhenti karena menunggu bola dibunyikan oleh guru.

    Cara kerja alat ini sangat mudah cukup dengan menarik tombol on pada bola, selanjutnya bola dapat dimainkan dan akan mengeluarkan suara secara terus-menerus, sehingga para penyandang tunanetra dapat dengan mudah mengetahui posisi atau letak bola meski bola dalam keadaan tidak bergerak. Selain itu, Loud Ball telah dilengkapi baterai yang dapat di isi ulang. Ide awal diciptakannya alat ini bermula dari banyaknya siswa penyandang tunanetra yang sangat kesulitan mencari bola ketika bola dalam keadaan diam sehingga membuat aktivitas berolahraga mereka terhenti karena harus menunggu guru atau orang awas untuk mengambilkan bola untuk membunyikannya, akhirnya muncul sebuah ide untuk menciptakan alat Loud Ball. 

    Loud ball tidak hanya diperuntukkan untuk tunanetra. Loud ball juga dapat digunakan untuk orang dengan penglihatan normal dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi sebagai media pembelajaran aktivitas olahraga. Loud ball kini telah diproduksi secara missal dan dapat dibeli secara online atau dengan pemesanan langsung ke Universitas Singa perbangsa Karawang.
Komentar

Berita Terkini