|

Salahkan Tengkulak Kopra, Pemprov Janji Naikan Harga dan Beri Subsidi

Rapat koordinasi Pemprov Malut dan pemerintah se-kabupaten bersama Satgas Pangan

SOFIFI, BRN - Pemerintah Provinsi Maluku Utara bersama pemerintah se-kabupaten kota dan Satgas Pangan melakukan rapat koordinasi membicarakan terkait rendahnya harga kopra yang terjadi dalam beberapa pekan ini. Hasil rapat tersebut memutuskan akan segera menaikan harga kopra mulai Selasa (27/11/2018) besok.

“ Besok harga sudah naik, tadi kita beru melakukan rapat bersama dan Satgas Pangan yang akan bertugas untuk memutuskan rantai masalah yang menyebabkan harga kopra menjadi rendah,” kata Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Muabdin A Radjab saat ditemui di Kantor Gubernur Malut, siang tadi.

Muabdin menyebutkan, rendahnya hagra kopra terjadi karena ulah tengkulak yang membeli kopra dengan harga yang rendah, sehingga Satgas Pangan akan segera melakukan intervensi untuk menaikan harga kopra. “ Satgas ini juga ada pihak kepolisian sehingga ajan melakukan tindakan kepada tengkulak yang berulah membuat harga kopra menjadi  turun,” ujarnya.
Tak hanya itu, Sekda juga menyebutkan akan melakukan subsidi kepada petani kopra, hal ini mengingat efek dari rendahnya harga kopra telah menyengsarkaan petani kopra.

“ Kita sudah bicarakan tadi akan melakukan subsidi untuk petani kopra yang anak-anaknya sedang kuliah, kita akan membayar uang semester mereka,” jelasnya. (brn/red)
Komentar

Berita Terkini