|

Ribuan DPT Kembar di Temukan Bawaslu

Ketua Bawaslu Morotai, Lukman Wangko

MOROTAI, BRN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pulau Morotai menemukan adanya daftar pemilih tetap ganda tersebar di lima kecamatan Morotai. Dari lima kecamatan yang dilakukan verifikasi ulang, di temukan sedikitnya 3.000 daftar pemilih tetap (DPT) ganda.

Angka ini jauh berbanding lurus dari laporan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Morotai yakni enam ribu DPT kembar/ganda. Ketua Bawaslu Morotai, Lukman Wangko mengatakan, dari hasil verifikasi ulang yang dilakukan tidak hanya menemukan kembaran ribuan DPT di lima kecamatan di Kabupaten Pulau Morotai, tetapi pemilih yang notabanenya sudah meninggal dunia masih diakomodir/terdaftar dalam DPT.   

“ Di Desa Pilowo contohnya. Orang yang sudah meninggal tapi nama mereka masih masuk daftar DPT,” kata Lukman di ruang kerjanya, Senin (5/11).

Lukman mengaku DPT kembar yang di temukan itu saat ini sudah di verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Untuk memastikan DPT kembar ini benar-benar valid, pihaknya saat ini kembali melakukan verifikasi guna mengantisipasi terjadinya perbedaan data saat mencoblos di bilik suara pada Pemilu 2019 mendatang.
  
“ Kita tetap lakukan pencocokan data. Tujuan agar tidak ada DPT kembar/ganda,” terangnya. (Fix/red)
Komentar

Berita Terkini