|

Polres Halut Prioritaskan Program Kamtibmas

AKBP Yuyun Arif Kus Hendriatmo

HALUT, BRN - Kapolres Hamahera Utara, AKBP Yuyun Arif Kus Hendriatmo menaruh perhatian seruis program kamtibmas wilayah hukum Polres. Program ini menjadi program prioritas Polres setempat.

Menurut Kapolres, program prioritas ini meciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Rasa aman masyarakat serta ketenangan dengan sendirinya tercipta karena kebutuhan pokok keberlangsungan hidup bermasyarakat benar-benar terjaga. Kapolres juga memastikan selalu menghadirkan anggota Polri untuk mengamankan masyarakat kapan pun. Cara ini dilakukan dengan memaksimalkan kinerja anggota Bhabinkamtibmas yang ada di desa-desa.

“ Saya akan berikan rasa aman bagi seluruh masyarakat Halmahera Utara. Untuk itu, Kamtibmas adalah prioritas kerja yang saya lakukan. Karena jika Kamtibmas sudah terbentuk, maka pelayan-pelayan yang lainnya juga akan berjalan lancar. Hal yang mendasar adalah Kamtibmas dulu,” ungkap Yuyun kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (12/11).

Yuyun mengatakan, upayanya itu tidak dapat berjalan maksimal apabila tidak didukung dengan peran aktif serta dukungan masyarakat. “ Peran masyarakat juga sangat penting bagi kami. Karena peran dari masyarakat, itu sangat membantu dalam kinerja yang kami lakukan,” terangnya.

Sebagai langkah awal, Kapolres yang baru menjabat 10 hari di Polres Halut itu mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di setiap desa wilayah hukumnya. Siskamling sebagai salah satu upaya meningkatkan keamanan dan jaga ketertiban di lingkungan masing-masing.

Saat ini, kata Yuyun, siskamling perlahan-lahan pudar di tengah masyarakat Halut. Padahal, siskamling sendiri merupakan satu diantara upaya efektif menjaga keamanan wilayah.

“ Siskamling bisa jadi pencegahan untuk menangkal berbagai bentuk ancaman serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Kamtibmas. Komunikasi terpadu warga, baik RT, RW dan kepolisian juga harus terjalin,” katanya.  

Berharap melalui siskamling ini masyarakat dapat mengetahui ada kemungkinan masuknya orang-orang asing yang bisa saja punya niat jahat, seperti mencuri. Pengawasan titik-titik rawan kriminalitas para warga juga bisa berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas kepolisian yang ada di desa masing-masing.

“ Cara itu lebih efektif, agar mengetahui setiap orang asing yang masuk ke desa. Karena pencegahan lebih dini itu lebih baik dan harus diawali ditingkat desa,” pungkasnya. (Arthur/red)
Komentar

Berita Terkini