|

Jelang Natal dan Tahun Baru, KUPP Lakukan Uji Petik Kelayakan Kapal

Anwar Sahitua
HALUT, BRN - Petugas penyelengara pelabuhan kelas I Tobelo menjadwalkan dalam waktu dekat ini melakukan uji petik kelayakan kapal motor (KM) yang beroperasi di pelabuhan Tobelo. Langkah ini diambil guna mengantisipasi peningkatan penumpang jelang natal dan tahun baru.  

Pelaksana tugas (PLT) Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Tobelo, Anwar Sahitua mengatakan, pemeriksaan ini wajib dilakukan untuk mengetahui kelayakan setiap kapal jelang natal dan tahun baru di 2018 ini. Ini tentunya menekan tingkat kecelakaan laut jelang natal dan tahun baru, karena itu dalam pekan ini akan lakukan uji kelayakan kapal.

Uji petik ini setiap kapal akan diperiksa kelayakan dan kelengkapan keselamatan navigasi di atas kapal seperti emergency position indicating radio (EPIRB), search and rescue radar transponder (Sart), peralatan pemadam kebakaran kapal hingga jacket pelampung. “ Kaitan dengan kelayakan kapal, maka semua yang berkaitan dengan kelengkapan hingga peralatan keselamatan tetap diperiksa,” tandasnya.

“ Kepada pemilik hingga awak kapal dapat mematuhi peraturan pelayaran dengan memperhatikan kelengkapan kapalnya untuk keselamatan dalam pelayaran,” sambungnya. (Arthur/red)
Komentar

Berita Terkini