|

Gaji Guru Honor Naik


Wakil Ketua DPRD Malut, Ishak Naser
TERNATE, BRN - Para guru honorer di Provinsi Maluku Utara bisa bernafas lega. Bagaimana tidak, harapan adanya keniakan gaji honorer  dipastikan naik tahun depan. Sebelumnya, gaji guru honorer hanya Rp 750 per bulan/guru naik menjadi Rp 1 juta per gurunya. Kabar gembira bagi para tenaga guru honorer setelah fraksi NasDem DPRD Malut mengusulkan kenaikan gaji bagi guru honorer ke Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Wakil Ketua DPRD Malut, Ishak Naser mengatakan usulan kenaikan gaji guru honorer saat ini sudah masuk tahap pembahasan. Hanya saja dalam pembahasan sementara disepakati Rp 1 juta dari usulan minimal Rp 1.750 dan maksimal 2 juta per guru.

“ Mengingat keterbatasan keuangan daerah saat ini,  pemerintah baru menyepakati untuk enam bulan pertama dinaikkan dari Rp 750 ribu menjadi Rp 1 juta rupiah per guru,” kata politisi NasDem itu usai serimoni Apel Pemenangan di Lapangan Salero, Senin (5/11).

Dikatakan, pertimbangan kenaikan gaji ini karena selama ini gaji guru honorer masih jauh dari standar. Standarisasi tenaga cleaning service dengan upah Rp 1.500 ribu dianggap tidak memenuhi asas kepatutan dengan gaji guru honorer yang hanya Rp 750 ribu per bulan/gurunya.

“ Pertimbangan inilah kemudian kita usulkan. Kalau evaluasi di enam bulan pertama itu kinerjanya baik, dari Rp 1 juta di naikkan menjadi 1.750 ribu per bulan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Malut, Imran Yakub membenarkan adanya kenaikan gaji honorer. Dia mengatakan, kenaikan gaji itu di enam bulan pertama dari RP 750 ribu naik menjadi Rp 1 juta rupiah. “ Iya ada kenaikan dan itu sudah di bahas,” kata Imran. (eko/red)

Komentar

Berita Terkini