|

DPRD Jemput Paksa TPAD Morotai

Hearing DPRD dan TAPD Morotai bahas keterlambatan pembahasan KUA-PPAS di kantor DPRD, Jumat (16/11).

MOROTAI, BRN -Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Pulau Morotai nampaknya tak menghargai DPRD sebagai lembaga pengontrol anggaran pemerintah daerah. Bagaimana tidak, berulang-ulang DPRD menyurat resmi ke TAPD untuk membahas dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD induk 2019, namun tidak satu pun panggilan tersebut tidak digubris.

Akibatnya, Jumat (16/11) DPRD mejemput paksa TPAD. Wakili Sekretaris TAPD, Abjan Sofyan dan anggota TAPD lainnya memenuhi panggilan tersebut. Uniknya, setelah dilakukan hearing  di DPRD, secara ramai-ramai para wakil rakyat itu mencecar Abjan Sofyan dan teman-teman itu.

Wakil Ketua II DPRD Morotai, Rasmin Fabanyo menanyakan alasan apa yang mendasari TPAD tidak menghadiri pembahasan KUA-PPS bersama tim badan anggaran (Banggar). Sementara itu, Ketua DPRD Morotai, Fahri Hairudin mencurigai penyebab TAPD tidak membalas surat resmi DPRD karena sudah kehabisan anggaran. “ Mungkin TAPD tidak bisa beli kertas HVS buat surat balasan dari kami,” kata Fahri.

Sementara Anggota  Komisi I, Mic Bil Abd Azis mengaku, tujuan TAPD diundang ke DPRD untuk dilakukan rapat kordinasi. Dirinya menekankan kepada pemerintah daerah yang berkaitan dengan roda pemerintahan dalam bentuk apapun harus saling koordinasi.

“ Kami harap kesalahan kemarin jangan lagi terulang kembali. KUA-PPS segera di masukkan, jangan anda mengikuti mahu pimpinan kalian. Kalau demikian, maka terus terjadi keterlambatan secara terus-menerus, seperti tahun sebelumnya,” katanya.

Meerespon hal itu, Sekretaris TAPD, Abjan Sofyan beralasan terlambatnya KUA-PPAS disodorkan ke DPRD karena harus singkron dulu dengan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) dari propinsi.

“ Kalau maunya saya hari ini juga saya masukkan, tapi alasan yang di sebut diatas sehingga dokumen KUA-PPAS terlambat di masukkan. Tapi semua dokumen KUA-PPAS sudah di siapkan, dan dipastikan hari Rabu pekan ini, sudah di sodorkan ke DPRD,” ucapnya. (Fix/red)
Komentar

Berita Terkini