|

DPC APDESI Halbar Apresiasi Pilkades di Halbar

Ketua DPC APDESI Halbar, Rustam Fabanyo
HALBAR, BRN - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Halmahera Barat mendapat respon positif dari Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Halmahera Barat. Respon ini tentunya berbanding lurus dengan situasi yang mana berlangsung aman dan kondusif selama Pilkades di beberapa desa di Halbar.    

Amannya pelaksanaan Pilkades serentak tahap II tahun 2018 itu tak lepas dari kesadaran dan menyukseskan jalannya Pilkades. “ Saya memberikan apresiasi kepada seluruh warga masyarakat khususnya di desa-desa yang melaksanakan Pilkades serentak periode 2018-2024,” kata Ketua DPC APDESI Halbar, Rustam Fabanyo di temui di kantor Bupati Halbar, Kamis (8/11).

Rustam mengatakan, suksesnya Pilkades ini karena masyarakat ikut menyukseskan dan menjaga gesekan-gesekan antar pendukung/simpatisan masing calon kepada desa (kades). Ia menyadari, gesekan-gesekan kecil yang memungkinkan timbulnya konflik bukan hal baru. Kedewasaan pemilih menentukan pilihannya sehingga pelaksanaan Pilkades d Halbar diselesaikan secara bijaksana.

Menurutnya, semangat Pilkades merupakan semangat kearifan. Sehingga hak-hak masyarakat dalam memilih pemimpin harus dihargai dan diakomodir. Jangan hanya karena sebuah administrasi hak masyarakat di diskriminasi dan di kebiri atau bahkan diabaikan.

“ Untuk itu kami memberikan saran dan kritik ke panitia kabupaten agar kedepan di Pilkades 2020 nanti tidak terjadi konflik hanya karena hal-hal yang tidak di inginkan. Karena itu, DPT Pilkades harus betul-betul di sosialisasi agar efektif dan selektif sehingga tidak terjadi pemahaman-pemahaman yang bias,” katanya.

Rustam menyarankan kepada panitia Pilkades baik di tingkat desa maupun di tingkat kabupaten harus membedakan mana daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan legislatif (Pileg), pemilihan presiden (Pilpres), pemilihan kepala daerah (gubernur, wali kota, bupati) dan pemilihan kepala desa.

“ DPT Pileg, Pilpres, dan Pilkada itu kewenangan/di plenonakan KPU. Tapi kalau Pilkades, DPT Pilkada sebelumnya kemudian di follow up dan diproses kepada semua masyarakat yang ada di desa,” terangnya.

“ Berharap kepada kepala desa terpilih tetap menciptakan ketertiban agar suasana aman dan kondusif,” harapnya. (Yadi/red)
Komentar

Berita Terkini