|

Dinkes Halut Peringati HKN 2018


HALUT, BRN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Halmahera Utara memperingati hari kesehatan nasional (HKN) yang ke 54 di gedung Poligrand Desa MKCM, Senin (12/11).

Kepala Dinkes Halut , Muhamad Tapi-tapi dalam sambutannya menjelaskan maksud peringatan HKN. Momentum ke-54 tahun 2018 ini dapat mengubah gaya hidup sehat mulai dari diri sendiri. “ Peringatan ini sekaligus momentum untuk menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS,” ungkapnya.

HKN menjadikan semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi dan tokoh masyarakat. Adanya rangkaian kegiatan ini diharapkan semua sektor semakin sadar akan pentingnya pembangunan kesehatan.

“ HKN menjadi peringatinya setipa tanggal 12 November tiap tahun berjalan. Di tahun 2018 ini, tema yang diusung adalah Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita,” kata Kadinkes.  

Menurutnya, tema ini sejalan dengan program indonesia sehat melalui pendekatan keluarga. Mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat guna meningkatkan kualitas hidup merupakan aplikasi tema HKN. “ Maknanya, kesehatan itu harus kita mulai dari diri kita sendiri dan dari keluarga kita. Kesehatan sangat diperlukan dari perilaku lingkungan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Halut, Frans Manery membacakan amanat Menteri Kesehatan RI menyampaikan, HKN sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Semua akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dan peran pemerintah untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan serta pemenuhan sumber daya manusia kesehatan untuk memenuhi akses pelayanan kesehatan khususnya didaerah terpencil, perbatasan dan kepulauan.

“ Kementerian kesehatan mendorong terlaksananya gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Dengan germas kita mengajak kerja sama lintas sektor, dan untuk program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan dapat membentuk warga indonesia yang kuat,” kata bupati.

“ Selaku Pemkab Halut, saya berharap kegiatan ini dapat di manfaatkan untuk mensosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program Kesehatan kepada Masyarakat,” ucap bupati. (Arthur/red)
Komentar

Berita Terkini