|

Dikjar Malut Lakukan Pemetaan Guru

Imran Yakub
TERNATE, BRN - Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Provinsi Maluku Utara merencanakan bakal melakukan pemetaan personil guru tingkat SMA/SMK di Malut. Pemetaan ini bertujuan untuk pemerataan guru sesuai berapa kebutuhan guru di sepuluh kabupaten/kota se-Provinsi Malut.

Kepala Dikjar Malut, Imran Yakub mengatakan, langkah ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan sekolah yang masih kekurangan guru. Saat ini, Dikjar mencatat Kota Ternate terdapat kelebihan 218 tenaga guru yang melakukan proses belajar mengajar tersebar di sekolah negeri di Kota Ternate.

Menurut Imran, langkah pemetaan tenaga guru belum dilakukan sekarang karena saat ini masih menyiapkan data penyerahan aset dan suasana pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Malut. Ia memastikan satu-dua bulan kedepan pemetaan dan pemerataan guru bagi sekolah kekurangan guru susah dilakukan.

“Insyah Allah satu-dua bulan kedepan atau paling lambat tahun 2019 sudah dilakukan,” kata Imran saat ditemui di Hotel Grand Dafam, Senin (5/11).

Ia menegaskan, langkah pemetaan dan pemerataan guru ini pasti dilakukan. Sehingga bagi sekolah-sekolah kekurangan guru bisa atasi. Melalui pemetaan guru dapat diketahui sekolah-sekolah mana saja yang kekurangan tenaga pendidik, karena kekuranagn ini hampir dirasakan semua daerah kabupaten.  

“ Penumpukan guru di sekolah bersangkutan akan berdampak pada saat sertifikasi nanti, juga berampak pada peserta didik akibat kekurangan guru ini,” katanya. (eko/red)

Komentar

Berita Terkini