|

Dandim 1508/Tobelo Bersama Bupati Halut Tinjau Lokasi TMMD

TMMD: Dandim 1508/Tobelo, Letkol Kav Tri Sugiarto bersama Bupati Halut Ir. Frans Manery meninjai salah satu jembatan yang bakal di bangun dalam program TMMD ke 104 kali ini. 
HALUT, BRN - Dandim 1508/Tobelo, Letkol Kav Tri Sugiarto bersama Bupati Halut Ir. Frans Manery, Rabu (7/11) tadi meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1508/Tobelo.

Lokasi sasaran TMMD itu meliputi Desa Torawat, Sidomulyo, Margomulyo, dan Desa Toliwang Kecamatan Kao Barat Halmahera Utara. Empat desa yang pilih sebagai wilayah TMMD itu guna mewujudnyatakan ruang juang, alat juang dan kondisi juang dengan membantu pemerintah daerah menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun non fisik.

Disela-sela peninjauan, Letkol Kav Tri Sugiarto menyampaikan program TMMD sangat dibutuhkan dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, khususnya untuk wilayah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil maupun terisolir. Dalam TMMD ke 104 ini ada dua sasaran yang dilaksanakan yaitu sasaran fisik dan nonfisik.

Untuk sasaran fisik yaitu pembangunan tiga unit jembatan di Desa Torawat, tiga unit jembatan di Desa Toliwang, tiga unit jembatan di Desa Margomulyo, satu unit jembatan gantung dan normalisasi sungai sepanjang 7 km di Desa Sidomulyo.

“ Sedangkan nonfisik sendiri yakni mengantisipasi radikalisme, kesetiaan pada Pancasila dan NKRI, penyuluhan hukum dan ham, sosialisasi pertahanan rakyat melalui belneg, ketahanan pangan, pembinaan keluarga sejahtera melalui program KB, kamtibmas dengan membentuk siskamling, kesadaran masyarakat tentang kesehatan lingkungan, pembangunan masyarakat desa dengan gotong royong,”  kata Dandim.

Sementara Bupati Halut Frans Manery mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik dan mendukung kegiatan TMMD ini. TMMD ini sangat diperlukan dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“ Program TMMD merupakan bentuk kegiatan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dalam rangka membangun desa sehingga masyarakat disini harus turut membantu,” katanya. (Arthur/red)
Komentar

Berita Terkini