|

Berkas Terdakwa JR Siap Disidangkan

Foto terdakwa mengenakan baju tahanan
HALBAR, BRN - Berkas terdakwa berinsial JR (39) akhirnya dilimpahkan ke meja hijau untuk sidangkan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Halmahera Barat. Pelimpahan berkas pria asal Desa Peot Kecamatan Sahu itu karena memnuhi unsur tahap II.

Kasi Pidum Kejari Halbar, M Ashari Waysale, kepada brindonews membenarkan adanya pelimpahan berkas terdakwa JR oleh jaksa penuntut umum (JPU). Ashari mengakui sudah menerima menerima berkas tahap II perkara pencabulan anak dibawah umur dari penyidik Polres Halbar.

Dari hasil pemeriksaan berkas perkara telah ditemukan cukup bukti untuk dilakukan penahanan kepada terdakwa. Langkah ini dilakukan karena dikhawatirkan terdakwa melarikan diri atau menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatanya.

Pria yang akrab disapa Aison itu bilang, terdakwa diancam Pasal 81 Ayat (1) jo Pasal 76D atau Pasal 81 Ayat (2) atau Pasal 81 ayat (3) atau Pasal 82 Ayat (1) jo Pasal 76E undang-undang nomor 17 tahun 2016 tentang perlindungan anak. Saat ini, kata dia, terdakwa di tahan selama 20 hari di Lapas kelas IIB Jailolo. Penahanan dilakukan berdasarkan surat perintah penahanan Kepala Kejari Halbar nomor: Print-310/S.2.10.7/Ep.2/11/2018 tanggal 7 November 2018.

“ Jadi, setelah dilakukan pemberkasan, pihaknya langsung melimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Ternate untuk disidangkan,” katanya.

Di ketahui, peristiwa tersebut terjadi pada 2016 lalu. Saat itu, terdakwa bersama keempat anaknya (termasuk korban) pergi ke kebun kelapa milik temannya. Sekira pukul 11:00 WIT siang keempat anaknya itupun tidur. Pelaku yang tak lain ayah kandung korban sebut saja Melati yang baru selesai mengasap kelapa (kopra) melihat Melati sedikit jauh dari ketiga saudaranya yang sedang tertidur pulas. Entah setan apa merasuki di tubuhnya, ayah kandung Melati ini kemudian membawa Melati ke semak-semak menjalankan aksi bejatnya dengan menyetubuhi korban. (Yadi/red)
Komentar

Berita Terkini