|

Bawaslu Malut Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas SDM

Sekretaris Bawaslu Malut, Irwan M Saleh
TERNATE, BRN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara menggelar rapat peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) Bawaslu kabupaten/kota se-Provinsi Maluku Utara, Rabu (28/11).

Kegiatan tersebut digelar di Ballroom Hotel Muara Keluarahan Santiong Kota Ternate Tengah dan di buka langsung Sekretaris Bawaslu Malut, Irwan M Saleh. Kegiatan dalam rangka bimbingan teknis peningkatan kapasitas perencanaan program dan kegiatan tahun 2019 mengahdirkan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perencanaan Anggaran Bawaslu RI, Bashory sebagai narasumber.

Sekretaris Bawaslu Malut, Irwan M Saleh mengatakan, kegiatan tersebut dilakasanakan dalam rangka memantapkan pemahaman regulasi terciptanya demokrasi yang jujur dan berkualitas. Dimana Bawaslu kabupaten/kota di lihat dari konteks perencanaan bisa dikatakan belum memahami.

“ Karena memang ini organisasi ini tergolong masih baru, sehingga itu kami mengundang Bawaslu RI untuk menguatkan kapasitas perencanaan dalam rangka meningkatkan kompetensi personil Bawaslu kabupaten/kota sebagai ujung tombak untuk melahirkan program yang relevan di daerah masing-masing,” kata Irwan kepada wartawan.

Maluku Utara katanya berbeda dengan provinsi lain. Maluku Utara lebih banyak dengan pulau-pulau sehingga untuk rentan kendali penyelenggaraan pengawasan itu cukup jauh. Selain peningkatan kapasitas, harus ada program prioritas untuk mengkafer pemilu di tahun 2019.

Dari sepuluh Bawaslu kabupaten/kota, kata dia, yang diundang hanya anggota dan ketua Bawaslu, Devisi Sumber Daya Manusia (SDM), serta Kepala sekretariat, dan operator perencanaan. Perwakilan masing-masing perwakilan Bawaslu di bekali pengetahuan aplikasi Rencana Kerja & Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) dari kementerian Keuangan.
“ Paling tidak mereka bisa mengenal dan bisa mengoperasikan aplikasi RKAKL. Sedangkan untuk komisioner dan kepala sekretariat lebih dikususkan pada pengambilan kebijakan agar bagaimana program dan kegiatan yang relavan untuk mendukung tugas dan tanggung jawab Bawaslu,” katanya. (eko/red)
Komentar

Berita Terkini