|

Bawaslu Halbar Gelar Rakernis Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019


HALBAR, BRN -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Barat (Halbar) melaksanakan rapat kerja teknis di Hotel d'Hoek, Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo, Jumat (30/11). Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kinerja Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) tingkat  kecamatan se-Kabupeten Halbar.

Selain meningkatkan kinerja Panwaslu, juga dalam rangka kesiapan menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 17 April 2019 mendatang. Koordinator Devisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan antara Lembaga (PHL), Muhamadun Hi Adam, Kordiv Hukum Pencegahan dan Penindakan (HPP) Bawaslu Halbar, Aknosius Datang, Kepala Sekertariat Bawaslu Halbar, Hariyanto M Taher, para pimpinan dan Sekertaris Panwaslu kecamatan se-Halbar menghadiri kegiatan tersebut.

Ketua Bawaslu melalui Kordiv HPP Bawaslu Halbar Aknosius Datang mengatakan, tahapan kampanye Pemilu 2019 sudah mulai berjalan beberapa bulan lalu. Olehnya itu, peran penyelenggara di tingkat Kecamatan tidak boleh lengah setiap pengawasan kampanye dilakukan peserta pemilu (Caleg maupun Capres-Cawapres).

“ Sehingga apa yang menjadi tujuan dan motto pengawasan kita dapat berjalan sesuai dengan yang kita inginkan bersama,”  kata Aknosius dalam sambutanya.

Menurutnya, adanya kegiatan ini bisa menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan rekan-rekan Panwaslu menyikapi setiap temuan atau laporan pelanggaran di lapangan.

“ Dengan begitu mereka (Panwaslu) tidak lagi kaku menangani semua temuan dan laporan tersebut,” katanya. (Yadi/red)
Komentar

Berita Terkini