|

Antisipasi Kebakaran, PT Pertamina Beri Pelatihan Safety di SPBU Malut

PT Pertamina Maluku Papua memberikan pelatihan kepada SPBU di Maluku Utara

TERNATE,  BRN - untuk meningkatkan kewaspadaan keselamatan kerja (K3) bagi pekerja dan pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kabupaten/kota di Maluku Utara, PT Pertamina Maluku Papua memberikan  Pelatihan kepada SPBU di Maluku Utara yang berlangsung di Grand Dafam Hotel Senin (26/11/2018).

Menurut Rivandi selaku Analis Health Safety Environment (HSE) Komplain Enterpanersip pertamina Maluku Papua kepada media ini mengatakan pelatihan ini diberikan kepada pekerja dan pemilik SPBU yang ada di Maluku Utara yakni Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Halmahera Utara (Halut), Kepulauan Sula dan Ternate serta Kabupaten/Kota lainnya untuk meningkatkan keselamatan kerha.

" Pelatihan ini berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 26 November - tanggal 27 2018 yang diikuti 50 50 peserta. dimna pada kegiatan hari pertama telah memberikan materi atau teori bagaimana cara penanggulangan  sedangkan untuk kegiatan hari kedua  dilakukan akan diajarkan praktek yang akan dilaksanakan di terminal BBM Ternate." Ujarnya.

Menurutnya, tujuan dilakukan pelatihan ini dladalah untuk meningkatkan warna pekerja SPBU terhadap aspek keselamatan operasional SPBU di masing-masing Kabupaten Kota di Malut agar kecelakaan atau insiden kebakaran yang ada di SPBU bisa dikurangi.

" Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pekerja atau pemilik dalam hal keamanan di sekitar lingkungan SPBU, " Tukasnya.

Kata dia, Peserta juga diberikan pelatihan sistem izin kerja di SPBU, teori dan penanggulangan kebakaran, pemeliharaan sarfas SPBU hingga penggunaan gas detenator. Sebab Data statistik kami menunjukkan sekitar 80 persen kebakaran di SPBU karena faktor human error atau perilaku konsumen yang tidak aman pada saat melakukan pengisian BBM di SPBU.

Lanjut dia, dengan adanya pelatihan ini kesadaran operator terhadap keselamatan kerja bisa memungkiri dan. Setelah pelatihan ini juga bisa meneruskan pengetahuan kepada yang lain dan juga kepada masyarakat bahkan konsumen agar tidak terjadi kebakaran atau insiden kebakaran yang ada di SPBU. (Mn)

Komentar

Berita Terkini