|

Pelabuhan Tobelo Naik Status Kelas I

Kepala Syabandar Pelabuhan Tobelo, Noh Said 
HALUT, BRN - Pelabuhan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara  naik status dari kelas II menjadi kelas I. Kenaikan status ini menyusul rencana pemerintah akan menswastakan tiga pelabuhan di Indonesia, salah satunya  pelabuhan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara.

Kepala Syabandar Pelabuhan Tobelo, Noh Said mengatakan, peningkatan status ini berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor  PM 77  Tahun 2018  tentang perubahan ketiga Peratutan Menteri Perhubungan Nomor KM 62 tahun 2010 tentang  organisasi dan tata kerja Kantor Unit penyelenggara pelabuhan.

Naikannya status  pelabuhan Tobelo ke kelas I dikarenakan adanya peningkatan volume kegiatan kepelabuhanan  tiap tahunnya. Volume bongkar muat dari tahun ke tahun terus meningkat. “ Karena itu penataan pelabuhan juga sudah dilakukan,” kata Noh, Kamis (11/10).

Sebagai pimpinan, kata dia, dirinya tetap berupaya manaikkan status dari status kelas I menjadi KSOP pelabuhan Tobelo kelas II. Pengembangan serta penataan pelabuhan Tobelo telah dilakukan penataan dengan merekayasa lalulintas diareal pelabuhan Tobelo dengan jalur satu arah.

Selain menata dan mengembangkan areal pelabuhan, Noh megaku dalam waktu dekat ini melakukan koordinasi dengan Pemkab Halut terkait belakangan masih terkendala lahan yang belum di hibahkan Pemkap Halut persoalan pelabuhan Tobelo. (Arthur/red)
Komentar

Berita Terkini