|

Kesbangpol Bakal Tertibkan Ormas

Wenas Rompis

HALUT, BRN - Untuk menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Halmahera Utara (Halut), Badan Kesatuan Bangsa  Politik dan Perlindungan Masyarakat Politik (Kesbangpol dan Linmas) dalam waktu dekat ini bakal menertibkan organisasi-masyarakat (Ormas) maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang belum terdaftar di Kesbangpol.

Kepala Kesbangpol Wenas Rompis mengatakan, lLangkah ini diambil untuk mengontrol/menekan ormas musiman yang sering bermunculan. Karena momentum pilitik seperti tahun ini sering kali dimanfaatkan memunculkan atau sering kali ormas-ormas musiman sengaja ditimbulkan dengan maksud mengganggu Kamtibmas.

“ Karena itu,  dalam waktu dekat ini bersama pihak terkait akan membahas untuk menertibkan ormas-ormas yang belum terdaftar,” kata Wenas Rompis di ruang kerjanya, Rabu (3/10).

Saat ini, kata dia, sesuai data di Kesbangpol baru 40 ormas yang terdaftar. Dari 40 Ormas ini sebagian besar pembentukannya di pusat. Seperti politik, kemahasiswaan, maupun kewartawanan.

Meski begitu, dirinya meminta kepada pengurus ormas yang terdaftar itu terutama pengurus yang ada di daerah untuk melaporkan serta memasukan struktur kepengurusan ke Kesbangpol. 

“ Ini merupakan suatu kewajiban. Sesuai undang-undang (UU) nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan, sehingga keberadaan ormas ataupun LSM diakui oleh Pemerintah,” katanya. (Arthur/red)
Komentar

Berita Terkini