|

Jaga Ancaman Keamanan, Kesbangpol Kembangkan Inovasi Jaga Ternate

Foto bersama usai menggelar Focus Group Discusions

TERNATE, BRN - Tugas besar memang akan menjadi lebih ringan, cepat, serta lebih efektif apabila dilakukan bersama. Aksi menjaga keamanan bukan hanya tugas para petugas berseragam (TNI/Polri), tetapi tugas seluruh stakeholder.

Keterlibatan masyarakat dalam hal menangkal acaman keamanan maupun masalah-masalah penanganan keamanan barangkali menjadi suatu keharusan. Sebab, masyarakat sebagai elemen penting dan ikut serta meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan. Untuk memalisir itu semua, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Ternate menciptakan invonasi Jaringan Siaga Ternate atau Jaga Ternate.

Kepala Kesbangpol Kota Ternate, Abdullah Sadik mengatakan, selama ini, penanganan keamanan masih bersifat parsial atau masih ditangani intasi berwenang atau Pemerintah Daerah berdasarkan tupoksi masing-masing. Sedangkan keterlibatan masyarakat sendiri masih minim/sangat rendah. Sehingga melalui Jaringan Siaga Ternate atau Jaga Ternate ini dapat menyatukan persepsi pemikiran masyarakat serta keterlibatan masyarakat dalam penanganan keamanan.

“ Disatu sisi, masyarakat masih menganggap meciptakan keamanan atau dalam rangka penanganan ancaman keamanan itu tugas aparatur pemerintah/intansi berwenang. Oleh karena itu, saya selaku reformer berinovasi agar masyarakat ini dilibatkan dalam penanganan keamanan,” katanya disela-sela Focus Grup Diskusi di Caffe Bacarita Dua Kelurahan Tanah Raja Kota Ternate Tengah, Sabtu (6/10) sore tadi.

Menurutnya, melalui inovasi Jaga Ternate ini menjadi motivasi utama untuk bagaimana membangun kemitraan dengan masyarakat. Secara struktur, kata dia, inovasi Jaga Ternate ini dibentuk mulai di tingkat kota hingga ke level kecamatan di semua wilayah kelurahan di Ternate.

“ Secara filosofisnya diharapkan inovasi Jaga Ternate ini membudaya di kalangan masyarakat. Jaga dari sisi ideologi politik, ekonomi dan terutama ancaman keamanan,” kata Abdullah Sadik.

Berharap melalui Jaga Ternate ini menjadi inspirasi atau pintu masuk membangun budaya atau karakter masyarakat Ternate lebih memiliki serta meningkatkan kesadaran. (eko/red)
Komentar

Berita Terkini