|

Gelar Upacara HKP Sekaligus Galang Dana Untuk Korban di Sulteng


HALUT, BRN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut)  menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (HKP) ke-53 di halaman Kantor Bupati Halut, Senin (1/10).

Upacara hari bersejarah ini diikuti seluruh pejabat daerah serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta anggota TNI/POLRI dan perwakilan ASN masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Upacara dengan tema “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Untuk Mencapai Prestasi Bangsa” itu Wakil Bupati Halut, Muchlis Tapi Tapi bertindak sebagai inspektur upacara (Irup). Sementara Ikrar Setia kepada Pancasila dibacakan ketua DPRD Halut, Julius Dagilaha.

Seusai upacara, para peserta upacara menggelar aksi penggalangan dana di semua SKPD lingkungan Pemda Halut. Aksi penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian Pemda serta masyarakat Halut terhadap bencana gempa dan tsunami yang menimpa saudara-saudara di Kota Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Wakil Bupati Halut, Muchlis Tapi Tapi mengajak para peserta upacara hari Kesaktian Pancasila untuk menggalang dana dan menyisihkan sebagian rezeki, guna membantu korban gempa dan tsunami di Palu yang saat ini membuthkan uluran tangan serta bantuan sesama.
“ Rasanya mustahil hati kita tidak terketuk dan tergerak untuk bersama sama membantu. Bayangkanlah jika yang terjadi di Sulawesi Tengah adalah saudara kita, bagaimana menyaksikan alam yang menunjukkan kekuatannya bahwa kita bukan siapa siapa. Marilah kita menundukkan kepala seraya berdoa semoga Allah SWT mengampuni seluruh korban dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,”  kata politisi NasDem itu.
Sebagai bentuk empati Muchlis mengajak para peserta upacara untuk turut menyisihkan sebagian rejeki dan menggalang dana untuk membantu korban gempa Palu dan Donggala.

“ Tentu disini masih juga banyak yang membutuhkan pertolongan, tetapi keluarga kita disana tidak ada air, tidak ada listrik, tidak ada makanan. Jika ada kelebihan titipan rejeki itu semua bukan milik kita bapak ibu, mari kita semua sama-sama berbagi," ajaknya.
Galang dana untuk korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggala Sulteng di Diskominfo Halut. Ajakan menggalang dana ini  sebagai bentuk uluran tangan Pemkab Halut. 
Ajakan menggalang dana serupa dilakukan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Halmahera Utara. Kepala Diskominfo Halut, Decky Tawaris mengatakan, rangkaian penggalangan dana ini sebagai bentuk rasa empati serta duka mendalam Pemkab Halut. “ Duka yang dialami oleh sudara-sudara kita di Palu dan Donggala, adalah duka kita semua,” ucap Decky.
Sementara Sekretaris Diskominfo Halut, Dalton Sero menambahkan, saat ini sudara-sudara kita di Kota Palu dan Donggala Sulteng sangat membutuhkan uluran tangan serta bantuan baik makanan, obat-obatan, pakaian, serta bantuan lain. “ Aksi penggalangan dana ini sebagai wujud solidaritas pegawai Kominfo terhadap korban bencana. Sekecil apapun  bantuan, akan sangat membantu,” ujarnya. (Arthur/red)
Komentar

Berita Terkini