|

ELang Komitmen Laksanakan Aplikasi P4GN



TERNATE, BRN - Komitmen Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara untuk mencegah, berantas peredaran gelap narkoba tak hanya menjadi slogan semata. Kunjungan kerja (Kunker) Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara, Brigjen Pol. Dr. Benny Gunawan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah (Halteng) pada Kamis, 18/10 kemarin menunjukkan keseriusan BNNP Malut dalam mencegah peredaran narkoba.

Clossing serimoni yang dihadiri Bupati Halteng Edi Langkara itu menghasil komitmen dan kesepatan mencegah peredaran narkoba. Kunkuer tersebut sekaligus menjawab usulan membentuk kantor cabang BNN di Halteng yang diusul/minta Edi Langkara. Serta menandatangi nota kesepahaman (memorandum of understanding atau MoU).

Brigjen Pol. Dr. Benny Gunawan bilang, Pemkab Halteng layak memiliki kantor BNNK. Selain letak geografisnya berhadapan langsung dengan Pulau Irian Jaya, Halteng juga masuk daerah rawan peredaran narkoba karena pulau yang berbatasan dengan Papua Nugini itu disinyalir pemasok ganja terbesar di Indonesia Timur.

Menurut pria yang separuh karir kepolisiannya di Reskrim ini, Halmahera Tengah dan Halmahera Selatan (Halsel) diprioritaskan pembentukan kantor BNN kabupaten. Sesuai persyaratan, dua kabupaten ini memiliki beberapa persyaratan diantaranya, surat rekomendasi bupati, tersedia lahan kantor, SDM, sarana prasarana, bahkan MoU dengan BNNP Malut di bidang Pendidikan pun sudah ditandatangani Februari 2017 lalu.

“ Halteng dan Halsel memang diprioritaskan pembentukan kantor BNNK,” kata orang nomor satu di BNNP Malut iut.

Dikatakan, MoU yang dilakukan itu dapat dilakukan tanpa harus menunggu pembentukan BNNK, misalnya menerapkan kurikulum pencegahan narkoba di sekolah. Namun itu dilakukan para guru harus dibekali dengan pelatihan dari BNNP serta penyiapan modul mulai dari tingkat Paud, TK, SD, dan SMP.  “ sehingga saat aplikasinya sesuai harapan. Untuk hasilnya maksimal, pemkab harus perbanyak pelatihan yang mana melibatkan BNNP secara langsung,” Kata Benny.


Menjawab hal tersebut, Bupati Halteng, Edi Langkara menginstruksi kepada Sekretaris Daerah (Sekda), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Bagian Keuangan secepatnya merealisasikan apa yang dimaksud. Secepatnya puls menerbitkan peraturan daerah (Perda) tentang Pencegahan, Pemberantasan, penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) untuk memperkuat aplikasinya.

“ Pemkab Halteng tetap komitmen pelaksanaan pencegahan Narkoba,” kata Elang sapaan akrab Edi Langkara. (humas BNNP Malut/rilis)
Komentar

Berita Terkini