|

Di Halut Tercatat 120 Koperasi Mati Surih

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Halut, Aser Tidore
HALUT, BRN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bakal mendata kembali jumlah koperasi yang masih aktif di Halut. Langkah ini diambil untuk memperbaiki dan mengembangkan usaha rakyat. Hal ini di sampaikan kepala Dinas Koperasi dan UKM Halut, Aser Tidore di ruang kerjanya, Senin (22/10).

Aser mengatakan, saat ini kurang lebih 173 koperasi yang tersebar di Halut. Namun setelah dilakukan pendataan ulang tercatat hanya 53 koperasi yang masih aktif sampai sekarang ini. “ Awalnya ada 173 koperasi. Setelah di cek ulang ternyata tinggal 53 koperasi saja yang masih aktif, sementara 120 lainnya mati surih,” katanya.

Menyentil soal apakah ada minimnya pengatahuan tentang manajemen pengelola koperasi, Aser mengatakan pihaknya berencana akan membuat program pelatihan dan pembinaan bagi para pengelola koperasi. “ Dalam waktu dekat, kita akan membuat pelatihan dan pembinaan. Supaya managemennya lebih mantap dan tidak mati surih,” tuturnya

Dari 53 koperasi, ada 15 yang sudah memperoleh izin dari kementrian. Hal ini membuat Halmahera Utara berada pada posisi kedua di bawah kota Ternate yang memiliki 21 koperasi yang sudah mengantongi izin dari Kementrian koperasi. (Arthut/red)

Komentar

Berita Terkini