|

AHM Menang PSU, AGK Tetap Lanjut Dua Priode Gubernur


 
Gubernur terpilih Abdul Ghani Kasuba 

TERNATE,BRN - Pupus sudah harapan Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar untuk memenangkan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Pemilihan Gubernur Maluku Utara tahun 2018. Ahmad Hidayat Mus yang juga tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus legowo menerima kekalahan pada hasil perolehan suara di tiga daerah yakni kecamatan Taliabu Barat, Kecamatan Sanana dan Enam Desa. 
  
Pasanagan calon gubernur nomor urut 1, Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar berhasil menang Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Sanana dan Kecamtan Taliabu Barat, dan 6 Desa di Halbar/Halut, akan tetapi kemenangan ini tak kunjung mengahantarkan AHM ke kursi Gubernur Maluku Utara.

Pasalnya, dari hasil rekapan total suara 2 kecamatan dan 6 desa dikurangi dengan saldo yang dimiliki AGK sebanyak 4.149 suara, AHM masih kalah dari petahana dengan selisih 1.352 suara. Data yang dihimpun media ini dari seluruh TPS di daerah PSU, menunjukan keunggulan AHM di Kecamatan Sanana dengan perolehan Suara  6.535, menang tipis dari AGK yang memperoleh 5.616 suara.

AHM-Rivai juga menang telak di Kecamatan Taliabu Barat, dengan perolehan suara 4.455, unggul jauh dari AGK-Ya yang memperoleh suara 1.280. AGK diketahui menang hanya di 6 Desa di Halbar dan Halut dengan perolehan suara 2.414 dan AHM hanya memperoleh 1.115.

Total dari perolehan suara di tiga daerah ini, pasangan AHM-Rivai menang dengan mendapatkan 12.106, sementara AGK-Ya mendapatkan  9.309 suara, akan tetapi AGK masih memiliki saldo suara sebanyak 4.149 suara, sehingga total suara milik AGK menjadi 13. 458. Otomatis dari hasil ini AGK unggul dengan selisih 1.352 suara.(Rs/red)

Komentar

Berita Terkini