|

8 Oktober Kampanye Dihelat



 
Komisioner Devisi Hukum KPUD  Pulau Morotai, Luth Djaguna

MOROTAI,BRN - Meskipun Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legeslatif (Pileg) masi jauh, karena bakal dihelat 2019 nanti. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulau Morotai telah menetapkan 8 Oktober sebagai dimulainya awal kampanye. Penetapan jadwal kampanye ini ditetapkan berdasarkan koordinasi KPU, Bawaslu, Polres dan pengurus Partai Politik (Parpol).

Komisioner Devisi Hukum KPUD  Pulau Morotai, Luth Djaguna menegaskan, karena jadwal kampanye telah disepakati,  pihak parpol untuk segera memasukan daftar tim kampanye. “Jadi tiga hari sebelum kampanye, tahapan daftar tim sudah harus dimasukan ke KPU,”katanya, Kamis (4/10).

Luth menjelaskan, terdapat empat tahapan dalam proses kampanye, diantaranya  kampanye tatap muka, pertemuan terbatas, kampanye lain dan rapat umum. "Sesuai  dengan PKPU nomor 5 tahun 2018 yang diubah dengan PKPU 32 tahun 2018. Jadwal kampanye ditetapkan pada 23 September kemarin, tapi belum ada satu pun Parpol yang sodorkan syarat untuk ikuti kampanye, "imbuhnya.

Karena jadwal kampanye telah ditetapkan, dia meminta  Bawaslu  intens mengawasi Parpol menggelar kampanye diluar jadwal yang telah ditetapkan. (Fix)
Komentar

Berita Terkini