|

Usut DD Bermasalah, Ampera Desak DPRD Bentuk Pansus


Julkifli Samania
MOROTAI, BRN - Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat (Ampera) Pulau Morotai mendesak DPRD Morotai membentuk tim Panitia Khusus (Pansus) untuk menelusuri Dana Desa (DD). Desakan ini menyusul DD tahun 2017 Pulau Morotai diduga kuat disalahgunakan Pemkab Morotai.

Ketua Ampera, Julkifli Samania yang dikonfirmasi mengatakan, Pemkab Morotai di duga kuat menyalahgunakan DD Morotai tahun 2017. Dimana DD tahun 2017 hingga kini masih tersimpan di rekening Pemkab. Karena itu, meminta DPRD membentuk Pansus untuk menelusuri Dana Desa (DD) bermasalah itu.

" Sesuai prosedur, jika DD sudah di transfer pemerintah pusat ke rekening pemerintah daerah maksimal satu minggu, kemudian pemerintah daerah harus mentransfer ke rekening desa, tapi yang terjadi di Pemkab tidak demikian," kata ketua Julkifli, Jumat (7/9).

Julkifli bilang, DD tahun 2017 masih tersimpan di rekening Pemkab Morotai. Bahkan hingga memasuki akhir tahun 2018, DD tahun 2017 tak kunjung di transfer ke rekening masing-masing desa.

" Itu artinya Pemkab telah melanggar prosedur dan lembaga DPRD wajib membentuk tim Pansus untuk menelusuri DD yang bermasalah tersebut," pinta Julkifli.

Menurut dia, DPRD harus menggunakan hak angketnya dengan membentuk tim Pansus. Tujuan membentuk tim Pansus untuk mengetahui persoalan penyebab DD yang masih mengendap di rekening Pemkab.

" Seperti kita ketahui bersama DD adalah anggaran dari pemerintah pusat dan perlu dikawal bersama dan lembaga DPRD sebagai penyambung aspirasi rakyat harus menelusuri DD yang bermasalah ini, jika DPRD tidak mebentuk tim Pansus untuk menelusurinya, maka sudah pasti masyarakat tidak percaya lagi dengan DPRD, karena anggaran untuk masyarakat terindikasi disalahgunakan, tapi lembaga DPRD tidak berbuat apa-apa," ujarnya.  (Fix/red).
Komentar

Berita Terkini