|

Tumbuhkan Jiwa Gotong Royong, Babinsa Bantu Warga Timbun Pondasi Masjid

GOTONG ROYONG: Babinsa Koramil 1508-02/Galela bersama-sama menimbun pondasi masjid Ar-Rohman desa Dagasuli Kecamatan Loloda Kepulauan, Kabupaten Halmahera Utara 

HALUT, BRN - Sudah bukan lagi menjadi rahasia umum. Seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) dituntut profesional dalam melaksanakan tugas sehari-harinya. Sebab tugas dan tanggungjawabnya melaksanakan tugas-tugas sering disibukan dengan berbagai macam masalah yang menyangkut sosial (kemasyarakatan) diwilayah binaan.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang Babinsa adalah kemampuan sebagai inovator pembangunan. Babinsa harus mampu menerjemahkan program pembangunan daerah dengan bahasa yang sederhana serta menggugah keinginan dan keikutsertaan masyarakat dalam bidang pembangunan.

Terkait hal itu, Babinsa Koramil 1508-02/Galela Serda Yusuf mengajak masyarakat setempat untuk bergotong royong menimbun pondasi Masjid Ar-Rohman desa Dagasuli Kecamatan Loloda Kepulauan, Kabupaten Halmahera Utara.

Pelaksana harian (Plh) Danramil 1508-02/Galela, Kapten Inf. Fiqih Saikhulkuda Arij Qodri mengatakan, membantu kesulitan masyarakat sudah menjadi tanggungjawab satuan teritorial Kodim 1508/Tobelo sebagai Komando kewilayahan. Seorang Babinsa harus mampu memangun kedekatan dengan masyarakat termasuk didalamnya desa binaan.

“ Karya bakti ini disamping membantu kesulitan warga,  juga diharapkan hubungan TNI dan masyarakat terjalin kedekatan yang erat dan kemanunggalan yang kuat,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 1508/Tobelo, Letkol Kav. Tri Sugiarto di konfirmasi memberikan apresiasi terhadap Babinsa yang di tugaskan itu. Sebab tugas yang berikan dapat dilaksanakan dengan baik. “ Karena Babinsa saat ini memiliki peran strategis yang menjembatani TNI menuju kemanunggalan dengan rakyat,” ucapnya.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilakukan itu memiliki nilai program paling utama juga memiliki nilai ibadah. Untuk itu, dia meminta kepada warga setempat turut melibatkan diri serta melakukan kegiatan kewilayahan sehingga semakin mamantapkan kemanunggalan bersama.

“ Sikap gotong royong perlu dipupuk sejak dini dan gotong royong merupakan salah satu ciri khas dari masyarakat Indonesia. Salah satu semboyan yang mendeskripsikan dari gotong royong adalah ’Bersama Rakyat TNI Kuat’,” ungkap Dandim. (Hlt)
Komentar

Berita Terkini