|

Tingkatkan Pelayanan Publik, Polres Ternate Kembangkan Inovasi IT

Kapolres Ternate, AKBP. Azhari Juanda
TERNATE, BRN - Kepolisian Resort (Polres) Kota Ternate mengembangkan satu inovasi berbasis informasi teknologi (IT). Terobosan ini untuk memudahkan sekaligus mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Aplikasi berbasis IT yang beri nama POLRES TERNATE ini dengan tujuan meningkatkan pelayanan publik seperti mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online, dan pelayanan publik lainnya baik pelayanan mobil ambulance, laporan peristiwa (kebarakan dan pencuri).

Selain bertujuan meningkatkan pelayanan publik, aplikasi POLRES TERNATE juga menyediakan konten (menu/fitur) menciptakan pelayanan yang bersih baik pungutan liar (pungli) dan korupsi. “ Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan publik. Jadi masyarakat tidak sibuk lagi mengisi formulir bila mengurus SIM, SCKC,” kata Kapolres Ternate, AKBP. Azhari Juanda saat disembangi di ruang kerjanya, Jumat (14/9).

Foto tampilan aplikasi POLRES TERNATE
Kepolres mengatakan, aplikasi POLRES TERNATE dapat di donwload di playstor yang tersedia di pengguna android (smartphone). Konten yang terdapat pada aplikasi ini merupakan kesiapan Polres Ternate menanggulangi gangguan keamanan, bidang pelayanan, dan konten untuk mengetahui hasil perkembangan penyelidikan (SP2HP) secara online.

“ Ini salah satu bentuk kesigapan, kesiapan Polres Ternate menaggulangi gangguan keamanan seperti kecelakaan laulintas (Lakalantas), gangguan keamanan, ada juga pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sehingga melalui aplikasi ini masyarakat lebih dimudahkan, karena masyarakat bisa melaporkan melalui aplikasi ini,” kata Kapolres.  

Misalnya konten kebakaran. Masyarakat hanya mengklik panic button  pada aplikasi tersebut. panic button  berfungsi menyampaikan informasi adanya kejadian/gangguan kepada Polres Ternate. “ Apabila pengguna aplikasi menekan pilihan panik baten, dengan sendirinya alarm akan menyala. Alarm ini akan berhenti bilamana operator atau anggota sudah merespon,” samabung Kapolres.

“ Jika masyarakat menggunakan aplikasi ini, daftarnya melalui member publik. Di pilihan ini pengguna mengisi e-mail dan pasword untuk di hubungkan (sigin), kemudian mendaftarkan nomor handphone dan foto pengguna,” lanjut Kapolres. 

Konten/fitur pada aplikasi POLRES TERNATE
Kapolres menjelaskan, tujuan mengisi nomor handpone dan foto ini memudahkan aperator untuk melacak lokasi gangguan/kejadian. Karena panic button yang ditekan, dengan sendirinya nomor handphone pelapor (masyarakat) akan muncul pada notifikasi (pemberitahuan/alarm) pada pilihan panic button. “ Kemudian operator akan menelpon dan menanyalan dimana tempat kejadian, barulah anggota/petugas diterjunkan ke lokasi,” jelasnya.

Manta Kapolres Tidore Kepulauan ini berharap adanya aplikasi ini pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat dilakukan secara terus menerus dan ter-update. “ Masyarakat kapan saja membutuhkan, kami akan segera membutuhkan pelayanan melalui aplikasi POLRES TERNATE,” tandasnya sembari menambahkan, aplikasi ini akan dilaunching pada Oktober 2018 mendatang sekaligus memperingati hari jadi Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Ternate. (eko)
Komentar

Berita Terkini