|

Tingkatkan Kapasitas, Linmas di Beri Pelatihan



HALUT, BRN - Untuk meningkatkan fungsi dan tugas  Anggota Linmas, Pemerintah Kecamatan Tobelo bersama Pemerintah Desa (Pemdes) se-Kecamatan Tobelo mengadakan pelatihan. Pelatihan ini melibatkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di pusatkan di Aula Masjid Jami Tobelo, Kamis (20/9).

Camat Tobelo, Aswin Lahiaro mengatakan, pelatihan kapasitas Linmas ini  guna meningkatkan fungsi Linmas di desa salah satunya menjaga Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) terlebih memasuki momen Pemilu 2019.

“ Kegiatan ini para anggota Linmas diberikan materi terkait Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh anggota Bhabinkamtibmas masing-masing desa,” kata Camat.

Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

“ Indikator suksesnya pelatihan Linmas ini misalnya; menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas dan kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat,” sambung Camat.

Camat menjelaskan, melalui materi ini anggota Linmas dilatih untuk bagimana cara melakukan pertolongan kepada masyarakat. Misalnya, terjadi Lakalantas, mengamati secara umum tentang situasi baik orang maupun barang atau benda-benda yang mencurigakan. Mencatat tempat dan waktu kejadian, serta mengamankan barang bukti. Serta perhatian dan melibatkan diri pada kegiatan sosial di desa.

“ Berharap lewat materi ini, anggota Linmas dapat berperan aktif menjalankan tugas dan fungsinya di desa dengan melakukan pendekatan serta menyampaikan himbauan Kamtibmas ke masyarakat,” ujarnya. (Arthur/red)
Komentar

Berita Terkini