|

Sukseskan Swasembada Pangan, Kodim Tobelo Lakukan Sergap Petani


HALUT, BRN - Dalam rangka memaksimalkan pencapaian realisasi Serapan Gabah Petani (Sergab) tahun anggaran 2018, Komando Distrik Militer (Kodim) 1508/Tobelo menyerahkan hasil Sergap ke Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik  (Bulog) Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Pernyerahan ini di langsungkan di tempat penggilan padi (Slepan) milik tiga petani setemat di desa Margomulyo Kecamatan Kao Barat, Halut. Mereka masing-masing Tarjo, Edi, dan Ulis.

Komandan Kodim 1508/Tobelo, Letkol Kav. Tri Sugiarto mengimbau kepada para pemilik penggilingan padi untuk menjaga kualitas padinya untuk di distribusi ke Bulog dengan tujuan menstabilkan stok pangan daerah dan nasional.

Tri bilang, kegiatan Sergap ini sebelumnya di lakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementrian Pertanian dan TNI AD. Karena itu, program dalam rangka Upsus Swasembada Pangan Nasional sebagai tindak lanjut dari kesepakatan sebelumnya.

“ Untuk mensukseskan program pemerintah, maka kami lakukan kegiatan serapan gabah di wilayah Kodim 1508/Tobelo,” ungkapnya.

Upaya menyerap gabah petani ini sangat penting dilakukan Bulog untuk mengisi cadangan pangan pemerintah yang mana untuk memaksimalkan produksi petani daerah. Serap gabah petani juga dilakukan untuk membantu petani lokal untuk memperoleh harga yang menguntungkan, agar petani termotivasi dalam menjalankan usahanya.

Sementara itu, Kepala gudang Bulog Tobelo, Amran di konfirmasi  menuturkan pihaknya tetap menyerap gabah hasil panen dari petani, sehingga para petani tidak perlu khawatir.

“ Kami dari pihak Bulog sampai saat ini masih terus mengupayakan agar bisa menyerap gabah dari petani lokal dan untuk masyarakat, untuk itu di harapkan pada para petani lokal dapat meningkatkan kualitas gabah,” terangnya.

Amran meyakini jika ini dilakukan secara bersama-sama, bukan tidak mungkin target serapan gabah wilayah Halut meningkat. “ Kami yakin akan naik jika itu dilakukan sama-sama,” imbuhnya.


Diketahui, penyerahan Sergap itu dihadiri Plh. Pasi Ter Dim 1508/Tobelo, Kapten Inf. I Putu Artana, Bati Bung Kao Barat, Serma Brury Kelmanutu, Bintara Staf Teritorial Dim 1508/Tobelo dan para Babinsa Koramil 1508-03/Kao. Tahap pertama penyerapan gabah padi petani tersebut diperoleh 2.125 Kg dengan harga Bulog Rp. 8.030/Kg.
Komentar

Berita Terkini