|

Peringati 1 Muharram, Organisasi Gabungan Wanita Islam Gelar Pawai Ta'aruf

PAWAI: Para peserta pawai ta'aruf saat berjalan kaki menuju garis finis. Mereka juga membawa spanduk yang bertuliskan 'Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah'. Pakaian putih bersih yang kenakan lebih menambah kekompakkan. Warna yang identik dengan 'suci' ini semakin menambah keharmonisan dan mencerminkan wajah keialaman mereka.
HALUT, BRN - Organisasi Gabungan Wanita Islam Halmahera Utara menggelar pawai ta'aruf untuk memperingati tahun bari Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, Selasa (11/9). Mereka memulai pawai itu dari jalan raya depan Masjid Jami, jalan kemakmuran menuju jalan kariagan dan kembali ke finis di Masjid Al-Amin Tobelo.

Tak hanya organisasi wanita islam, ta'aruf juga melibatkan anak-anak Tempat Pengajian Qur'an (TPQ), Majis Ta'lim se-Halut, siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Stanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliah (MA), yang berjumlah kurang lebih 800 peserta.

Sebelum melakukan star, pawai ta'aruf diisi dengan penyampaian berupa tausyiah dan nasihat. Penyampaian pertama di sampaikan penasehat organisasi gabungan wanita islam, Rahmawat Suling. Sedangkan tausyiah disampaikan ustadza Munajah.

Rahmawati Suling mengatakan, pelaksanaan pawai ini dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H. Karena itu epada peserta di harapkan tetap menjaga keamanan selama pelaksanaan pawai.

" Para peserta pawai, saya harap agar dapat menjaga faktor keamanan selama melaksanakan pawai hingga finis dengan dalam keadaan aman. Selama pawai, para pendamping dapat melihat pesertanya dalam pelaksanaan pawai," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten III Pemda Halut Bidang Perekonomian Pembangunan, Subakri Salim mengajak kepada peserta pawai agar bersama-sama membangun kebersamaan dalam Uhua Islamiah dengan berdasar pada iman dan Al-Quran. Serta membangun tali persaudaraan yang lebih erat dan pembinaan secara 'Iqra' kepada generasi mudah.

" Di tahun islam 2018 ini mari kita bersama-sama membangun kebersamaan dalam uhua islamiah disini  yang berdasar iman dan Al Quran. Tak lupa pulah mari kita menjaga kekukuhan Islam secara berbangsa dan bernegara sesama umat beragama. Kita bina dari usia dini yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan secara islamiah," tuturnya.

Sementara itu, Ustadza Munahajah pada tausyiahnya mengingatkan pada perbaikan diri yang lebih baik lagi. Memasuki gerbang tahun Hijriyah adalah tahun lebih baik untuk memperbaiki diri/hati dengan memperbanyak salat lima waktu.

" Mari kita memperbaiki diri kita dan sholat di tahun Hijriyah dan kita isi dengan hal-hal yang baik di tahun Hijriyah. Mari kita ajarkan anak-anak kita dan secara islamiah yang baik ", ucapnya. (Hlt)
Komentar

Berita Terkini