|

Penuhi Syarat, Bacaleg PKS Diloloskan

Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Lukman Wangko
MOROTAI, BRN - Sahwi Lohor bisa saja bernafas legah. Bagaimana tidak, calon legislatif (Caleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diloloskan sebagai Caleg pada pemiluhan legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Sahwi sempat dikabarkan terancam digugurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat lantaran tidak memenuhi syaratnya sebagai Caleg. Mantan Kepala Desa (Kades) Muhajirin ini dinyatakan lolos setelah melengkapi syarat ditetapkan.

Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Lukman Wangko mengaku Caleg atas nama Sahwi Lohor diloloskan karena melengkapi syarat yang diminta KPU. Keputusan diloloskannya Caleg PKS ini sesuai dengan hasil rapat bersama antara Bawaslu dan KPU.

Sesuai prosedur, setelah persoalan ini dilaporkan ke Bawaslu dan dilakukan rapat pleno ditingkat Bawaslu. Apabila memenuhi syarat maka Bawaslu menyurat ke KPU untuk melakukan mediasi antara , Pemohon dan Termohon. Jika hasil mediasi tidak ada kesepakatan, selanjutnya dilanjutkan sidang ajudikasi (bersifat final).

Ada tiga poin kesepakatan yang harus dilakukan sebelum yang bersangkutan diloloskan. Pertama, diberikan waktu tiga hari harus melengkapi SK pemberhentian Kades dari pejabat yang berwewenang sebagai syarat Bacaleg,  kedua, bila dalam jangka waktu tiga hari pemohon tidak mengodorkan berkas yang sudah ditetapkan, maka dinyatakan gugur.

“ Ketiga, apabila kesepakatan antara pemohon dan termohon tidak ditindaklanjuti termohon, maka KPU akan dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang (UU) yang berlaku,” terang Lukman, Jumat (28/9).

“ Karena yang bersangkutan sudah penuhi syarat yang ditetapkan KPU, maka dia juga terdaftar seperti Bacaleg lainnya untuk maju sebagai calon Legeslatif,” sambung Lukman. (Fix/Red)
Komentar

Berita Terkini