|

Pencarian Kedua Basarnas ‘Nihil’, Satu Mayat Lain Ditemukan

Foto evakuasi Basarnas Klas B Ternate terhadap mayat atas nama Hamaseng Kasili (79). 
TERNATE, BRN - Kantor pencarian dan pertolongan (Basarnas) Klas B Ternate masih terus mencari satu Anak Buah Kapal (ABK) KM. Matorora yang dikabarkan hilang pada Kamis (13/9) kemarin.

Berdasarkan rilis yang diterima brindonews, ABK KM Matorora di laporkan hilang itu diketahui bernama Rahmat (48) warga Kecamatan Gane Barat, Halmahera Selatan. Rahmat dilaporkan hilang saat memancing di perairan Jambula Kecamatan Ternate Pulau Kota Ternate. Rahmat pergi memancing bersama dua rekan ABK. KM Matorora yaitu, Jon Mundihar (60) dan Inir (46). Ketiga ABK itu pergi memancing menggunakan perahu pakora sejak Kamis sore kemarin sekira pukul 17.30 WIT. Pukul 23.50, Jon Mundihar dan Inir kembali ke kapal sementara Rahmat hingga Jumat (14/9) belum juga kembali ke kapal.

Untuk itu, Jumat (14/9) kemarin Basarnas memulai percarian pertama. Operasi pencarian korban hilang atas nama Rahmat (48) itu dimulai sejak pagi dengan menyisir perairan Ternate-Maitara. Namun, pencarian pertama belum berbuah hasil.


Foto lokasi pencarian kedua/Sumber: Basarnas
Pencarian hari kedua dilanjutkan Sabtu (15/9) pagi tadi. Kali ini, tim pencarian Basarnas Klas B Ternate melibatkan ABK KM Matorora I. Upaya operasi pencarian di hari kedua ini tim menyisir perairan sejauh 50 NM dari kantor Basarnas. Namun, tinggi gelombang mencapai 3-5 meter dan kecepatan angin 10-15 Kts, serta kuatnya arus laut korban belum juga ditemukan.

Kepala Basarnas M Arafah melalui Kabag Humas Basarnas Klas B Ternate, Iksan M. Nur mengatakan pencarian korban atas Rahmat (48) kembali dilanjutkan Minggu (16/9) besok. “ Operasi hari ketiga SAR dilanjutkan besok,” kata Iksan dalam rilis yang diterima brindonews, Sabtu (15/9).

“ Pencarian kedua meliputi perairan Pulau Kayoa-Moti, Makian-Maitara, dan perairan Tidore-Ternate namun hasil masih nihil,” sambungnya.  

Sementara itu
Di tengah upaya pencarian satu ABK KM Matorora I yang dilaporkan hilang, Tim SAR mandapat laporan adanya temuan sosok mayat yang terapung di perairan Nuku Kecamatan Oba Selatan Tidore Kepulauan (Tikep).

Mulanya, tim pencarian menduga mayat itu subjek pencarian (Rahmat). Hasil identifikasi diketahui ternyata bukan subjek yang dicari. Identifikasi itu diketahui bernama Hamaseng Kasili (79) warga Desa Timlonga, Kecamatan Bacan Timur, Kabupaten Halmahera Selatan.

Setelah mengetahui hasil identifikasi, mayat atas nama Hamaseng Kasili (79) dibawa ke Desa Timlonga untuk diserahkan kepada pihak keluarganya.

“ Berdasarkan informasi, mayat tersebut pertama kali diketahui saat KM. Permata Indah yang sementara berlayar di perairan Pulau Kayoa. Mereka melihat ada sosok mayat yang terapung kurang lebih 100 meter dari dermaga Desa Nuku. Mendangar laporanya tersebut, petugas berkoordinasi dengan Kepala Syabandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate serta masyarakat setempat agar mengamankan mayat itu sembari menunggu Tim SAR Ternate tiba di lokasi melakukan evakuasi,” jelas Kabag Humas Basarnas Klas B Ternate, Iksan M Nur. (eko/SAR)
Komentar

Berita Terkini