|

Pemkab Halut Bentuk Tim Pemekaran

Kepala DPMDes Halut, Nyoter Koenoe

HALUT, BRN - Keinginan masyarakat tiga kecamatan yaitu Kecamatan Kecamatan Kao Teluk, Kecamatan Kao Barat dan Loloda Utara bergabung dalam wilayah administrasi Kabupaten Halmahera Utara bakal terwujud.

Sebagai langkah tindaklanjut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) bersama Komisi I DPRD Halut melakukan rapat kerja membahas aspirasi masyarakat di tiga kecamatan tesebut  untuk dimekarkan.

Kepala DPMDes Halut, Nyoter Koenoe mengatakan, pembahasan mengenai pemekaran kecamatan untuk beberapa desa yang ada di tiga Kecamatan tersebut sudah diusulkan jauh hari sebelumnya oleh masyarakat. Namun sebelum melakukan pemekaran ditingkat kecamatan, lebih dulu dilakukan pemekaran ditingkat desa, salah satunya pemekaran dusun Bangkok Desa Bobaneigo, Kecamatan Kao Teluk.

 “ Hal ini sesuai dengan  Peraturan Pemerintah No 17 tahun 2018 tentang pemekaran kecamatan,” kata Nyoter, Senin (24/9) kemarin.

Nyoter menjelaskan, sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 tahun 2018, syarat pemekaran ditingkat kecamatan harus memiliki 10 desa. Kecamatan Loloda Utara secara administrasi hanya terdiri 18 desa. Karena itu kebijakan Pemda Halut akan menggabungkan beberapa desa di Galela Utara bergabung dengan Kecamatan Loloda Utara (Lolut) sehingga memenuhi ketentuan tersebut.

DPRD melalui Komisi I manyambut baik kebijakan pemerintah yang mengakomodir aspirasi masyarakat di tiga kecamatan itu. Selain tiga kecamatan, Pemkab Halut akan memekarkan beberapa desa di Kecamatan Galela yaitu Desa Igobula, Soakonora dan Desa Ngidoho. 
Sementara untuk Kecamantan Kao Barat dinilai layak untuk di mekarkan. Sebab, jumlah desa di kecamatan itu terdiri 18 desa dan itu artinya Kecamantan Kao Barat melebihi ketentuan PP  Nomor 17 tahun 2018.

“ Terkait dengan pemekaran tiga Kecamatan itu  harus memenuhi beberapa ketentuan sesuai dengan peraturan yang mendasari yaitu administrasi kecamatan, serta hal teknis yang harus dipenuhi pihak kecamatan,” paparnya.

Saat ini, kata Nyoter, Pemkab Halut tengah membentuk tim pemekaran kecamatan dan desa ditingkat Kabupaten. Berharap, aspirasi masyarakat tentang pemekaran dapat terlaksana. (Arthur/red)
Komentar

Berita Terkini