|

Pekan Ini Pemda Halut Buka Tes CPNS

Efraim Oni Hendrik
HALUT, BRN - Setelah sebelumnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan rekrumen Calon Seleksi Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional, Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) terus menggodok kesiapan menjelang rekrumen CPNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKDPSDA) Halut, Efraim Oni Hendrik kepada wartawan mengatakan, sesuai usulan yang diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sebanyak 450 kouta. Namun disetujui hanya 250 kouta. Dari 250 ini mencakup tenaga guru sebanyak 156 orang, kesehatan 70 orang (sudah termasuk dokter), dan 24 orang untuk formasi umum.

Pendaftaran CPNS akan dilakukan sesuai jadwal BKN yaitu tanggal 19 September hingga 3 Oktober 2018. Sedangkan kategori atau strtata pendidikan yang diterima adalah Strata 1 (S1) dan Diploma 3 (D3). Pendaftaran CPNS dibuka secara online melalui situs yang sudah disiapkan BKN, yakni http//sscn.bkn.go.id atau http//panselnas.menpan.go.id.

“ Itu Artinya, waktu pendaftaran CNPS tinggal satu minggu lagi. Proses pendaftaran seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terpusat lewat portal nasional via http://sscn.bkn.go.id. Satu minggu lagi Pemda Halut membuka pendaftaran CPNS,” kata Efraim di ruang kerjanya, (Rabu 12/9).

Ia menjelaskan, bagi pelamar usia 18-35 tahun sudah bisa meng-upload  dokumen secara online dalam bentuk Portable Document Format (PDF) berkapasitas dibawa 300KB. Hal ini dimaksud agar pelamar dapat secara mudah meng-upload dokumennya. Dokumen wajib yang perlu disiapkan pelamar meliputi pas foto 2x3, 4x6 berlatar merah, ijazah (disertai akta IV bagi tenaga guru), transkip nilai, akta kelahiran, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta scan bukti akrediitasi jurusan/program studi.

“ Semua berkas di //scan// kemudian di konversi ke format PDF dengan maksimal ukuran file 300KB. Jika ada pelamar usianya diatas 35 tahun, secara otomatis sistem akan menolak dokumennya,” jelasnya.

Pelaksanaan tes CPNS dilakukan secara serentak di empat daerah di Malut yaitu di Sofifi, Tobelo, Sula dan Bacan. Sedangkan pelaksanaan tes di Morotai, kata dia, kemungkinan dilakukan di Tobelo. Pada tes CPNS ini dilakukan dua tahap yakni, Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB).

“ Tidak menutup kemungkinan pelamar dari luar daerah yang mau ikut tes melalui formasi  Halut. Hasil tesnya di umumkan secara online. Karena itu, pelamar juga harus memilki e-mail aktif untuk mengecek setiap tahapan tes,” terangnya.

Ia mengakui panitia rekrumen CPNS sudah siap seratus persen. Hanya saja beberapa kesiapan lain perlu di matangkan lagi sehingga tidak mengganggu proses tes nanti, salah satunya jaringan internet. 

“ Semua peralatan tes sudah di siapkan. Namun di khawatirkan jaringan internetnya. Karena itu kami terus melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Telkomsel agar memastikan jaringan internet itu aman pada saat pelaksanaan tes,” tuturnya. (Hlt)

Penulis: Arthur
Editor: Eko

Komentar

Berita Terkini