|

Konsisten Dorong Sektor PAD



HALUT, BRN - Komitmen Dewan Perwakilan Rakyat Darah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara memajukan Kabupaten Halmahera Utara melaui peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tak hanya isapan jempol. Konsisten DPRD dan Pemkab Halut ini terlihat adanya penambahan pendapatan PAD tahun ini. Bahkan, sektor-sektor penting menggenjot PAD terus dimantapkan.

Kaitan dengan itu, Komisi II DPRD Halut terus mengevaluasi sektor-sektor PAD yang kurang efektif, salah satunya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“ Hal ini perlu dilakukan untuk mendorong kinerja dari masing-masing sektor terlebih lagi kepada BUMD. Sehingga ada penambah PAD untuk pemerintah daerah,” kata Ketua Komisi II, Janlis Kitong usai rapat diskusi dengan PDAM di ruang komisi, Selasa (18/9) kemarin.

Janlis mengatakan, selain mendorong kinerja masing-masing sektor, agenda diskusi DPRD dan PDAM itu membahas kesiapan PDAM berkontribusi pada sektor PAD. Dia mengaku, DPRD tetap mendorong PDAM pada penambahan belanja modal sehingga keuntungannya di atas 15 persen.

“ Saat ini PDAM masih dalam tahap pembenahan managemen keuangan dan aset, juga keuntungan merekan (PDAM) masih dibawa 15 persen. Karena itu kita menunggu hasil audit Badan Pemeriksaan Angkutan Publik. Kalau hasil auditnya diatas 15 persen, maka kedepan PDAM sudah bisa memberikan kontribusi PAD,” jelasnya.

Tak hanya membahas kesiapan PDAM, diskusi itu DPRD meminta PDAM terus meningkat pelayanan publik terutama pada pelayanan air bersih.

“ Kami Komisi II memberikan apresiasi kepada PDAM yang begitu terbuka terkait dengan managemen keuangan yang masih dalam pembenahan. Untuk pelayanan, sejauh ini pelayanan PDAM ke masyarakat juga bagus,” ucapnya. (Hlt/red)
Komentar

Berita Terkini