|

Komitmen Sukseskan Pemilu Aman dan Damai



HALUT, BRN - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Halmahera Utara menggelar Apel Pasukan Operasi Terpusat Mantap Brata 2018 di halaman Mapolres Halut, Rabu (19/9). Apel pasukan operasi terpusat ini tak lain menyukseskan Pemilu 2019 berjalan aman, lancar, dan damai.

Kapolres Halmahera Utara, AKBP Irvan Indarta mengatakan, selain menyukseskan Pemilu, kegiatan operasi ini untuk mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Tingkat Pusat, Tingkat Daerah, dan Tingkat Polres.

“ Agar pelaksanan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai,” kata Kapolres saat membacakan sambutan Kepala Kepolisian (Kapolri), Jendral Pol. Tito Karnavian.

Kata Kapolres, apel pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil, sarana, dan prasarana untuk mengamankan setiap tahapan pemilu 2019. Pengaman Pemilu melibatkan 272.886 personil Polri di Wilayah Indonesia dan dibantu TNI serta stakeholder terkait.
Sebab, Pemilu 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas. Selain pertama kali Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara serentak, ambang batas parlemen/parliamentary threshold sebesar 4 persen. Kondisi ini akan menuntut adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara terbanyak.

“ Dalam kacamata Kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, di antaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax dan hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Untuk mengantisipasi potensi terjadinya kerawanan, Kapolres mengatakan, berbagai potensi kerawanan sudah dipetakan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan. Sehingga keberhasilan Polri, TNI, dan seluruh elemen pada pengamanan Pemilu tahun 2014, serta Pilkada serentak 2015, 2017, dan 2018 masih tetap terjaga.

“ Salah satu referensi penting dalam pengamanan Pemilu tahun 2019 itu adalah mempelajari pengalaman Pemilu ditahun ssebelumnya,” kata Kapolres. (Hlt/red)
Komentar

Berita Terkini