|

Ini Tahapan Tes CPNS di Morotai

Rina Ishak
MOROTAI, BRN - Keraguan masyarakat Kabupaten Morotai mengenai pelaksaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akhirnya terjawab. Ini menyusul Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerima usulan formasi CPNS Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morotai.

Kabar gembira ini tentunya membuat para pelamar kerja bisa saja tersenyum. Pasalnya, Pemkab Morotai memastikan membuka tes CPNS seperti kabupaten lainnya di Provinsi Maluku Utara (Malut). Selain menggunakan Sistim Computer Assisted Tes (CAT), rekrumen CPNS kali ini kemungkinan besar diluar Morotai. Karena itu, bagi pelamar yang ingin lulus tes harus belajar ekstra untuk bersaing peserta lainnya.   

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Morotai, Rina Ishak di ruang kerjanya mengatakan, satu provinsi minimal memiliki empat lokasi tes CPNS. Karena itu pelaksaan tes Kabupaten Morotai dilaksanakan di Halmahera Utara (Halut). Sebab lokasi yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) hanya empat lokasi yaitu Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), dan Kepulauan Sula (Kepsul).

” Untuk Kabupaten Pulau Morotai tesnya digabung dengan Halut, Pulau Taliabu bergabung dengan Kepsul. Sementara Haltim dan Halteng bergabung dengan Halsel, begitu juga dengan Halbar, Tikep,” ucap Rina Ishak di ruang kerjanya, Rabu (12/9).

Seleksi penerimaan CPNS tahun ini tetap menggunakan sistem CAT. Itu artinya tahapan pelaksaan tes CPNS tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) tetap dilakukan.

“ Nilai ambang batas (Passing Grade) kelulusan TKD, meliputi Tes Keperbadian (TKP) dengan nilai 143, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75. Sehingga dengan jumlah jumlah total angka yang dicapai peserta minimal 298 ,” sambungnya.

Perlu diketahui, total formasi CPNS Pulau Morotai sebanyak 245. 70 orang tenaga guru sebanyak, tenaga kesehatan 115 orang dan tenaga Teknis 60 orang. Pendaftaran CPNS akan dibuka 19 September sampai 15 Oktober 2018. Pengumuman berkas CPNS 16 Oktober, dan pelaksanaan tes 20 Oktober. Sedangakan hasil tes di umumkan pada 30 November 2018.  (Fix/red)

Penulis: Mikram
Editor: Redaksi
Komentar

Berita Terkini