|

Deky: Bupati Tidak Menghapus, Tetapi Menggabungkan

Kadis Kominfo Halut, Deky Tawaris
HALUT, BRN - Peryataan ketua Komisi II DPRD Halut, Janlis Kitong beberapa waktu lalu seakan minimbulkan ‘kegaduhan’. Pasalnya, pernyataan yang menyebutkan Bupati Halut Frans Manery dianggap tabrak aturan itu dinilai kurang tepat. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Halut, Deky Tawaris.

Deky Tawaris menjelaskan, Bupati Halut, Frans Manery tidak menghapus Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bagian Humas dan Protokoler sebagaimana disebutkan Janlis Kitong.  Penggabungan Bagian Humas dan Protokoler ke Kominfo adalah untuk menyatukan bagian di Sekretariat Daerah (Setda) dengan Kominfo dan protokoler terutama di Bagian Umum dan perlengkapan Setda.

“ Kalau di katakan pemerintah daerah tabrak aturan (Perda) sangat tidak mungkin. Karena Perda lebih mengatur tentang tipe OPD, sementara struktur organisasi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) diatur dalam peraturan Bupati. Itu artinya, optimalisasi pada Humas dan Protokuler terkait dengan struktur, dan tupoksi lebih pada rana Peraturan Bupati (Perbub),” ujar Deky dalam rilisnya, Kamis (13/9).

Menurutnya, optimalisasi tupoksi serta efesiensi struktur organisasi yang dilakukan Pemkab dengan tujuan menghadirkan pemerintahan yang kuat, pemerintahan yang bersih, pemerintahan yang baik, (goodgavernance) demi pelayanan terhadap masyarakat. 

Karena itu, kedepan Pemkab Halut akan mengevaluasi di setiap unit kerja/OPD. Hal ini di maksudkan untuk lebih pada penataan struktur organisasi serta optimasilasi tupoksi untuk memperkuat komitmen tata kelola pemerintahan daerah (Pemda) sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Urata. (Hlt)
Komentar

Berita Terkini