|

Bawaslu Minta Bacaleg Lengkapi Syarat Pencalonan


Murjat Hi. Untung
MOROTAI, BRN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai mengimbau kepada seluruh peserta calon legislatif pemilu 2019 untuk mempercepat melengkapi syarat dan ketentuan.

Devisi Pengawasan Bawaslu Morotai, Murjat Hi. Untung mengatakan, permintaan ini Ini menyusul masih terdapat sejumlah nama bacaleg yang masih belum melengkapi syarat pada masa perbaikan. Sesuai PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang pencalonan DPRD baik DPRD daerah, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota harus melengkapi syarat yang belum lengkap.

“ Karena itu kami meminta kepada bacaleg untuk secepatnya melengkapi syarat yang telah diatur oleh aturan sesuai prosedur yang berlaku,” ujar Murjat, Senin (10/9).

Murjat menjelaskan, KPU bisa saja mencoret bacaleg jika tidak melengkapi syarat pencalonan anggota DPRD. Karena dalam PKPU 20 tahun 2018 di tegaskan  masih terdapat caleg yang tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan. “ Karena itu KPU harus mengambil langkah tegas dengan mencoret nama yang tidak memenuhi syarat,” cetusnya.

Tak hanya mengimbau kepada peserta bacaleg, Murjat juga meminta KPU Morotai harus mentaati jadwal tahapan sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggara pemilu 2019.

“ Sesuai jadwal, tanggal 4-10 September adalah jadwal pengajuan pengganti bakal calon. 11-13 September jadwal ferivikasi daftar calon sementara, 14-20 September jadwal penyusunan dan penetapan daftar calon tetap. Sedangkan 21-23 September jadwal pengumuman. Jadi kami meminta KPU mengikuti jadwal yang telah ditetapkan,” terangnya.  (Fix/red)
Komentar

Berita Terkini