|

16.732 Warga Palu Butuh Bantuan

Warga Palu memadati salah satu lahan kosong untuk dijadikan tempat pengungsuian. 
PALU, BRN - Akibat gempa dan stunami yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala membuat ribuan warga mengungsi akibat kejadian tersebut. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan saat ini ada 16.732 warga Palu yang mengungsi di 24 posko pengungsian akibat gempa dan tsunami kemarin. Untuk itu mereka pun membutuhkan berbagai bantuan, mulai dari makanan hingga air bersih. 

“ Hingga pukul 16.00 WIB, ada sekitar 16.732 pengungsi yang tersebar di 24 titik,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (29/9/ 2018).

Sutopo menjelaskan, para pengungsi dilarikan ke sejumlah area terbuka seperti lapangan maupun halaman perkantoran. Sementara, bagi mereka yang tidak ikut mengungsi di tempat-tempat pengungsian, diimbau tidak beraktivitas dalam rumah.

Seluruh pengungsi masih membutuhkan bantuan yang cukup mendesak seperti makanan, selimut, makanan anak, sandang, dan air bersih. Sampai saat ini, bantuan dari pemerintah maupun pihak lain masih dalam perjalanan.

Saat ini, kata dia, beberapa korban gempa juga dievakuasi ke Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka yang dievakuasi ke Makassar merupakan para penumpang Bandara Mutiara Sis Al Jufrie.

“ Korban gempa Palu berdatangan ke Makassar setelah dievakuasi. Mereka penumpang Bandara Mutiara SIS Al Jufrie yang dievakuasi ke Makassar dengan pesawat Hercules. Mereka sudah tiba di bandara Hasanuddin pukul 16.00 WIB,” jelas Sutopo dilansir di msn.com. (brn/msn)
Komentar

Berita Terkini