|

SMPN 5 Mantapkan Program Menuju Sekolah Adiwiyata 2018

Kepala SMP N 5 Kota Ternate, H Abubakar Pelupessy
TERNATE, BRN – Selain terpilih sebagai sekolah rujukan oleh Kementrian pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pemerintah Daerah untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Kota Ternate saat ini berbenah diri menghadapi penilaian sekolah adiwiyata tahun 2018. 

Kepala SMP N 5 Kota Ternate, H Abubakar Pelupessy dalam keterangannya menjelaskan, sekolah rujukan adalah sekolah yang dibina oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan pemerintah daerah untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain disekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri, memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), memiliki/mencapai indikator-indikator pendidkan yang lebih dari SNP, dan memiliki prestasi atau keunggulan baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Kepsek mengatakan, untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain, SMP N 5 akan bersanding dengan salah SMP N 7 Kota Tidore Kepulauan (Tikep). “ Jadi untuk Propinsi Maluku Utara sudah ada 12 sekolah terpilih sebagai sekolah rujukan dibawah pembinaan Kementrian pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pemerintah Daerah, salah satunya SMP N 5 Kota Ternate, kata Kepsek, Senin (13/8). 

Karena itu, kata Kepsek, beberapa kegiatan internal maupun external dalam rangka menunjang mutu pendidikan baik guru maupun siswa mulai di persiapkan. “ Insyah Alahh minggu ke dua bulan ini kita sudah mulai jalan. Pelatihan dalam rangka persiapan guru profesional untuk mengangkat harkat sekolah ini menjadi lebih bermutu sesuai dalam amanah terpilihnya sebagai sekolah rujukan. Namanya juga sekolah rujukan, sekolahnya harus bisa menjadi contoh teladan bagi sekolah lain,” ujarnya.

Selain mempersiapkan diri dalam rangka menjadi sekolah rujukan, langkah untuk mewujudkan menuju sekolah adiwiyata tahun 2018 semakin dimantapkan. Kegiatan-kegiatan untuk menunjang penilaian adiwiyata terus dilakukan salah satunya mensosialisasikan program sekolah mengenai program adiwiyata ke komite sekolah dan orangtua/wali siswa.

“ Syukur alhamdulillah kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari mereka,” pungkasnya. (mhiez)
Komentar

Berita Terkini