|

SMAN 5 Butuh Laboratorium

SMAN 5 Ternate
TERNATE, BRN - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kota Ternate dari waktu ke waktu terus melakukan penataan. Selain penataan sistem pembelajaran, juga penataan lingkungan sekolah dan infrastruktur pendidikan.

Di tengah upaya tersebut, ternyata masih ada kekurangan yang harus dipenuhi. Diantaranya, ruang laboratorium MIPA dan fasilitas pendukung seperti komputer.
“Kita sudah meminta dukungan ke Dikjar, sehingga apabila ada Dana Alokasi Khusus (DAK) agar bisa dilengkapi walau bertahap,” ujar Kepala Sekolah SMAN 5, Rakib Hadi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/8).

Rakib mengatakan, kebutuhan laboratorium MIPA di SMAN 5 sangat berpengaruh pada kualitas dan peningkatan pendidikan. Sebab, laboratorium yang butuhkan itu mampu mendongkrat kualitas pendidikan terutama kemampuan peserta didik. “ Saat ini kita baru punya satu laboratorium MIPA, namun digunakan secara bergantian. Ada tiga mata pelajaran gabung di satu laboratorium, ada Biologi, Kimia, dan Fisika,” ucapnya.

Dikatakannya, SMAN 5 sangat membutuhkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk infrastruktur pendidikan, salah satunya pembangunan dua laboratorium MIPA yaitu laboratorium MIPA untuk mata pelajaran Kimia, dan laboratorium untuk mata pelajaran Biologi. Selain itu, ada juga laboratorium komputer juga belum terisi.

“ Kita sangat berharap kebagian DAK, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, soal laboratptium yang belum terisi itu tahun 2017 lalu Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Provinsi Maluku Utara janji akan kasih bantuan 20 unit komputer, namun sampai sekarang janji itu belum tepati,” katanya.

Menurutnya, ruang laboratorium yang representatif masih sangat dimungkikan dibangun. Hanya saja harus didukung dengan anggaran lebih terutama penyaluran DAK oleh Dikjar Provinsi. “ Kita memrlukan ruang belajar yang memadai serta sarana prasana representatif,” tuturnya.

Kendati begitu, pihaknya terus berupaya memiliki laboratorium MIPA serta melengkapi fasilitas lain. Pihaknya optimis bila berbagai fasilitas dan sarana prasarana itu terpubuhi, mutu pendidikan di SMAN 5 akan meningkat. (mhiez)
Komentar

Berita Terkini