|

Pemkab Klaim Warga di Lokasi Pembangunan WFC Bersedia Direlokasi

Kadis Perkim Pulau Morotai, Alanshani Biolado

  MOROTAI,BRN - Kendati pembangunan Waterfron City (WTC) di Desa Daruba pantai sempat menjadi pomilik,  karena terjadi ketegangan antar bupati dan warga setempat saat bupati memantau langsung pembangunan WFC bersama rombongan Kementerian PUPR. Namun,  Pemkab mengkelaim pembangunan WFC dipastikan bakal tetap jalan,  karena mayoritas Kepala Keluarga (KK) yang berdomisili di lokasi tersebut menyetujui untuk direlokasi.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Pulau Morotai, Alanshani Biolado saat konfirmasi mengungkapkan, masalah relokasi warga yang ada di pesisir pantai Desa Daruba bakal tetap dilaksakan, karena sudah ada kesepakatan antar Pemkab dan warga  setempat.

"Jadi warga dilokasi pembangunan akan direlokasi, dan programnya tetap jalan," katanya kepada sejumlah awak media,  Rabu (1/8).
Dia menjelaskan terdapat dua opsi yang ditawarkan,  opsi pertama Pemkab bakal menyiapkan rumah lengkap dengan sertifikat dan kemudian ganti rugi.

"Awalnya  terdapat sebagian warga yang memilih opsi pertama, sebagian warga lainnya memilih opsi kedua dan ada yang tidak pilih dua-duanya,  tapi setelah diskusi lepas dengan beberapa tokoh dan memberi penjelasan warga di areal itu mau direlokasi, sudah mulai mau," imbuhmya.

Menurutnya,  strategi agar warga mau direlokasi,  maka pemerintah terlebih dahulu menyiapkan rumah,  dengan begitu warga pasti dengan sendirinya mau dipindahkan.

"Sekarang sudah pada tahap pembebasan lahan, dan dipastikan tahun ini juga selesai," jelasnya sembari mengaku lokasi tempat warga direlokasi dipastikan tidak jauh dari tempat tinggal warga sebelumnya. (Fix)

Komentar

Berita Terkini